Tak Mungkin Ganjar Merendahkan MC dan Jurnalis, Bu Siti Atikoh Dulu Wartawan

Tak Mungkin Ganjar Merendahkan MC dan Jurnalis, Bu Siti Atikoh Dulu Wartawan
Effendi Gazali. Foto: arsip JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar komunikasi politik Effendi Gazali menilai Ganjar Pranowo tak bermaksud untuk merendahkan profesi MC dan jurnalis. Effendi juga menyatakan tidak mungkin Ganjar merendahkan profesi yang pernah dijalani Siti Atikoh, istri dari bakal calon presiden dari PDIP itu.

Hal itu disampaikannya menanggapi serangan pada Ganjar Pranowo yang dinilai merendahkan profesi MC dan jurnalis saat acara Mata Najwa On Stage di UGM, Selasa (18/9).

Dari kacamata ilmu komunikasi, Effendi menilai Ganjar sama sekali tak merendahkan dua profesi tersebut.

“Setelah saya menonton dengan pikiran jernih, pernyataan Ganjar itu tidak ditujukan untuk merendahkan profesi MC ataupun jurnalis. Maksud Ganjar bukan itu. Saya paham betul, orang seperti Ganjar jauh dari keinginan merendahkan profesi itu. Apalagi, istrinya dulu juga seorang jurnalis,” kata Effendi saat dikonfirmasi, Kamis (21/9).

Pernyataan Ganjar itu, menurut Effendi, bertujuan untuk memberikan gagasan besar mewujudkan sumber daya manusia hebat di Indonesia.

Bagi Effendi, Ganjar gemas melihat fakta bahwa lulusan terbaik universitas jarang yang mau kembali ke kampus untuk menjadi dosen. Lulusan tersebut lebih memilih bekerja di tempat yang lebih menjanjikan, seperti BUMN atau perusahaan besar lainnya.

“Saya setuju dengan pernyataan Ganjar bahwa lulusan terbaik universitas harusnya kembali ke kampus untuk menjadi dosen. Itulah yang menjamin suatu bangsa menjadi cepat dalam akselerasinya menjadi negara maju,” tegasnya.

Effendi mengisahkan ketika kehancuran Jepang yang dibom oleh Amerika. Pemerintah Jepang lalu fokus menyelamatkan guru, dosen, atau tenaga pengajar. Jepang menyadari bahwa guru, dosen, dan tenaga pengajar bisa membuat negara kembali bangkit dan maju kembali.

Pernyataan Ganjar itu dinilai bertujuan untuk memberikan gagasan besar mewujudkan sumber daya manusia hebat di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News