Tak Sekadar Eksplorasi, tapi Pemberdayaan Masyarakat

Tak Sekadar Eksplorasi, tapi Pemberdayaan Masyarakat
Warga sekitar wilayah produksi migas kini terbiasa memanfaatkan lahan kosong untuk hal yang lebih bermanfaat

jpnn.com - Selain melakukan kegiatan ekplorasi migas di Blok Tuban, JOB PPEJ (Pertamina Petrochina East Java) secara kontinyu juga melakukan program sosial terhadap masyarakat sekitar wilayah produksi. Itu sudah dilakukan sejak pertama kali beroperasi 20 tahun silam.

Program sosial tersebut concern terhadap empat bidang. Yakni, pemberdayaan ekonomi masyarakat, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Salah satunya adalah penanaman mangrove di kawasan Pantai Mangrove Center Tuban, Desa Jenu, Kabupaten Tuban. Sebanyak 5.000 pohon ditanam  di sekitar pantai.

Kegiatan tersebut sudah berjalan rutin selama dua tahun terakhir. Selain melakukan penanaman, operator migas ini memiliki komitmen dalam perawatan. Kerja sama penanaman mangrove diharapkan bisa menjaga keseimbangan ekosistem abrasi pantai setengah hektar dan kelak bisa menjadi pengembangan ekonomi.

Tak hanya itu saja, JOB PPEJ juga membuat embung untuk meningkatkan hasil panen petani. Nantinya embung itu akan dikembangkan menjadi kawasan wisata. Pembangunan embung di Desa Bulurejo itu awalnya hanya untuk meningkatkan derajat hidup petani. ”Jika selama ini petani hanya panen dua kali dalam setahun, ke depan diharapkan bisa panen hingga tiga kali,” ujar General Manager JOB PPEJ Akbarsyah

Setelah swasembada pangan lebih meningkat, pembangunan embung yang menggunakan dana CSR JOB PPEJ itu ke depan juga akan digunakan sebagai kawasan ekonomi kreatif. Pengembangan kawasan wisata yang masuk dalam program CSR tahun 2017 itu nantinya rencananya akan dikelola Karang Taruna sebagai pengembangan bidang usaha.

Selain di Desa Bulurejo, operator Blok Tuban juga mengembangkan kawasan Tanah Kas Desa (TKD) Soko, Dusun Rambit sebagai kolam taman asoka. Di taman yang mengelilingi embung itu, rencananya selain untuk membantu irigasi pertanian, juga untuk taman hiburan masyarakat. Saat ini pengerjaan embung di Dusun Rambit, Kecamatan Soko tersebut masih dalam proses pengerjaan.

Bukan hanya fasilitas, perusahaan juga melatih warga sekitar agar bisa meningkatkan ekonomi secara mandiri. Salah satunya memanfaatkan lahan pekarangan menjadi lahan perkebunan produktif. Warga diberikan bantuan awal berupa bibit tanaman buah, seperti jambu merah, mangga, apel, dan sawo, dari hasil perkebunan tersebut diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Program pemanfaatan pekarangan menjadi kebun produktif tersebut dilakukan di Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel, Tuban. Desa tersebut diharapkan menjadi desa percontohan untuk pengembangan ekonomi kreatif masyarakat di desa lain. Dari hasil panen masyarakat itu, JOB PPEJ juga menyediakan ruang pamer bagi masyarakat. Ruang pamer atau pusat oleh-oleh tersebut nantinya diharapkan menjadi wadah semua hasil produk unggulan lokal yang akan dikelola BUMDesa. Program tersebut merupakan sinkronisasi antara pihak operator dengan Pemkab Tuban. (JPNN/pda)

Program sosial tersebut concern terhadap empat bidang. Yakni, pemberdayaan ekonomi masyarakat, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News