Tak Sempat Berolahraga, Kiai Ma'ruf Punya Kiat Jaga Stamina

Tak Sempat Berolahraga, Kiai Ma'ruf Punya Kiat Jaga Stamina
Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin usai menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos

jpnn.com, TASIKMALAYA - KH Ma’ruf Amin yang kini menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko Widodo memang tak muda lagi. Namun, ulama kelahiran 11 Maret 1943 itu harus menghadapi padatnya agenda.

Kesibukan sebagai cawapres membuat Kiai Ma’ruf tak punya waktu berolahraga. Padahal, mantan rais aam syuriah Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) itu sebelumnya rutin berolahraga pagi.

"Dulu iya (berolahraga, red). Sekarang nggak sempat jalan pagi," ujarnya dalam ramah tamah dengan awak media di Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (21/10).

Ma'ruf menuturkan, sekitar tiga bulan terakhir ia banyak melakukan kegiatan di luar kota. Namun, ketika di Jakarta pun sejumlah tamu datang silih berganti ke kediamannya sejak pagi.

Praktis, Kiai Ma’ruf tak punya waktu lagi berolahraga sekalipun saat sedang di rumah.  "Pertama saya selalu berada di luar kota seperti sekarang. Kedua, kalau di rumah jam enam pagi sudah datang (tamu, Red). Jadi, mau jalan pagi sudah enggak sempat," jelasnya.

Meski demikian Kiai Ma'ruf punya kiat tersendiri untuk menjaga kesehatannya. Yakni dengan cara mengatur pola makan.

"Karena sudah tua tentu sudah mulai ada gula, sudah mulai ada kolesterol, sudah mulai ada asam urat, itu yang saya hindari. Mengurangi supaya tidak ada gulanya, kolesterolnya, asam uratnya supaya tetap sehat," sambungnya.

Selain itu, Ma'ruf juga sangat menghindari stres. Dia memilih menjalani hidupnya seperti air mengalir.

KH Ma’ruf Amin yang kini menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko Widodo harus mengatur pola makan karena tak sempat lagi berolahraga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News