Selasa, 23 Oktober 2018 – 20:42 WIB

Takaran Pas, Kopi jadi Lebih Nikmat

Rabu, 03 Oktober 2018 – 04:17 WIB
Takaran Pas, Kopi jadi Lebih Nikmat - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Salah satu hal terpenting menghasilkan kopi bercitarasa tinggi adalah takarannya. Hal itu dikatakan owner First Coffee Ricky Ricardo saat berbagi tip dengan para pelanggan di kedainya yang ada di Pakuwon Trade Center.

''Sebab, kalau orang memang suka kopi beneran, komposisinya tidak pas sedikit saja rasanya sudah berbeda,'' ujarnya.

Dia mencontohkannya saat pembuatan kopi latte. ''Di sini saya biasanya pakai takaran 18 gram untuk bubuk kopi. Saat dimasukkan ke mesin espresso, keluarnya harus sekitar 36 gram,'' jelasnya.

Setelah mencairkan bubuk tersebut menjadi tetes-tetesan kopi yang diletakkan dalam dua shot glass, dia memastikan takarannya sudah 36 gram atau lebih sedikit. ''Oh iya, saat menunggu kopi menjadi cair, biasanya saya pakai timbangan espresso biar pas. Soalnya, ada waktunya juga dan bisa tahu berapa gram yang telah keluar,'' sambungnya.

Dia menututurkan, jika waktunya lebih dari yang ditentukan, kopi akan cenderung asam. Selanjutnya, kalau kurang dari waktu yang telah ditentukan, kopi akan terasa lebih pahit. Setelah bagian kopi, tinggal menyiapkan bagian susu. 

Dia kembali menjelaskan hal-hal yang terkadang sering dianggap negatif oleh para pelanggan. Yaitu, saat ada yang minta es sedikit. ''Bukannya kami nggak mau ngasih susu yang banyak. Tapi, kalau sesuai takaran, memang susunya harus dikurangi kalau esnya tidak memenuhi gelas,'' jelasnya.

Setelah itu, menambahkan gula ke dalam susu. Ricky menjelaskan bahwa ada tiga gula yang disediakan. Gula putih, gula aren, dan sirup. ''Kalau trennya sih, orang-orang lebih suka gula aren,'' imbuhnya.

Gula aren akan menambahkan rasa gurih. ''Sedangkan kalau pakai sirup, rasa kopinya akan sedikit berkurang,'' sambungnya. Barulah masuk ke tahap akhir, yaitu menuangkan dua shot glass berisi espresso secara bersamaan ke dalam susu. (ama/c22/any) 

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar