Tambahan Dana untuk Perbaiki Tambak Pantura Jawa

Tambahan Dana untuk Perbaiki Tambak Pantura Jawa
Menteri Kelautan dan Perikanan Syarif Cicip Sutardjo dalam rapat kerja di Komisi IV DPR, Rabu (28/3). Foto : M Fathra Nazrul/JPNN
JAKARTA – Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengusulkan penambahan anggaran sebesar Rp.1,2 triliun dalam APBN Perubahan 2012. Selain itu sesuai Nota Keuangan APBNP 2012, KKP juga mengajukan penambahan anggaran sebesar Rp.170 miliar.

 

Menteri KKP, Syarif Cicip Sutardjo saat ditemui JPNN usai rapat kerja di Komisi IV DPR, Rabu (28/3), menyatakan bahwa anggaran tambahan itu jika disetujui akan digunakan untuk  memperbaiki dan merehabilitasi budidaya tambak. "Rencana kita itu untuk 135 ribu hektar, dan ini baru kurang lebih 10 ribu, malah belum tentu bisa karena banyak anggaran yang dipotong juga,” kata Syarif.

 

Rencananya, lanjut menteri yang juga politisi Golkar itu, program tersebut akan direalisasikan di berbagai daerah. Hanya saja, prioritasnya ada di Pantura Jawa dengan target luas areal tambak sekitar 80 ribu hektar. Selebihnya, program rehabilitasi akan dilakukan di kawasan tambak luar Jawa seperti Lampung, Sulawesi, serta daerah lainnya.

“Kita mau konsentrasi di Pantura, karena di sana paling miskin, nelayan di sana tidak bias melaut lagi, ikan di Laut Jawa sudah tidak ada. Makanya lebih sulit hidupnya dibanding daerah timur. Dengan program ini diharapkan nelayan bias beralih ke perikanan bidaya tambak,” harap Syarif.

 

JAKARTA – Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengusulkan penambahan anggaran sebesar Rp.1,2 triliun dalam APBN Perubahan 2012. Selain

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News