Tampil di Gelaran Expo Dubai, Tiga Kopi Ini Punya Cerita Unik

Tampil di Gelaran Expo Dubai, Tiga Kopi Ini Punya Cerita Unik
Kopi lokal Indonesia tampil di Expo Dubai memiliki ciri khas yang unik. Foto: Humas Kemendag

jpnn.com, JAKARTA - Beragam jenis kopi lokal dipamerkan di area pasar malam Paviliun Indonesia pada gelaran Expo Dubai.

Jenis kopi yang dipamerkan, antara lain kopi Luwak, Gayo, Kintamani, robusta Lampung, Leci Pranger Priyangan, Bajawa Flores, Toraja, dan Ijen Banyuwangi.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional dan Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia Didi Sumedi mengatakan pihaknya ingin menunjukkan pada dunia bahwa kopi Indonesia dihasilkan dari tangan petani lokal yang luar biasa.

"Kami yakin Indonesia dapat mewujudkan mimpi menjadi produsen kopi ternama di dunia melalui Expo 2020 Dubai ini," ujar Didi, Rabu (26/1).

Selain itu, Didi mengungkapkan produk kopi yang dipamerkan di Paviliun Indonesia juga memiliki cerita tentang pemberdayaan masyarakat, salah satunya kopi hutan Lampung yang merupakan jenis kopi robusta yang dibawa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kopi robusta Lampung yang dihasilkan dari kawasan hutan lindung Batuegi tersebut digarap langsung oleh para petani kopi lokal.

Para petani kopi tersebut diberikan izin legal untuk menggarap kawasan hutan.

Selain itu, dengan visi “Tercapainya Fungsi Hutan Lindung yang Memberi Kesejahteraan Masyarakat” para petani juga diberikan pelatihan melalui berbagai program kemitraan.

Beragam puluhan jenis kopi lokal dipamerkan di area pasar malam Paviliun Indonesia pada gelaran Expo Dubai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News