Tanah Ambles, Lima Rumah di Koto Alam Limapuluh Kota Ambruk

Tanah Ambles, Lima Rumah di Koto Alam Limapuluh Kota Ambruk
Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan saat mengunjungi rumah warga di Kenagarian Koto Alam, Kabupaten Limapuluh Kota yang tanahnya amblas. Foto: dokumen istimewa / Antara

jpnn.com, LIMA PULUH KOTA - Sejumlah warga Kenagarian Koto Alam, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, terpaksa mengungsi setelah rumah mereka rusak parah dan ambruk akibat pergerakan tanah.

Wali Nagari Koto Alam Abdul Malik di Koto Alam, Senin, mengatakan dari lima rumah yang ambruk,dua rumah permanen dan tiga rumah semi permanen.

"Lima rumah itu telah amblas turun ke bawah yang sebelumnya hanya retak besar dan belum turun. Sekarang sudah turun dan membuat bangunan itu bergeser," kata dia.

Para penghuni rumah telah mengungsi ke rumah sanak keluarga masing-masing yang berada di daerah tersebut.

"Rumah tidak dapat dihuni lagi, jika tanah terus bergerak akan membuat rumah benar-benar hancur, jadi berbahaya jika ditinggali," sebutnya.

Selain itu, pihaknya juga telah membangun posko pengungsian dan juga turun ke jalan untuk meminta sumbangan.

"Di posko pengungsian juga berisi bantuan dari pihak Pemkab LimapuluhKota karena Bupati dan Wakil Bupati juga telah turun melihat langsung kondisi yang ada," ujar Abdul.

Ia mengatakan sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti dari retaknya tanah di daerah tersebut. Dugaan sementara karena intensitas hujan yang tinggi.

Sejumlah warga Kenagarian Koto Alam, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, terpaksa mengungsi setelah rumah mereka rusak parah dan ambruk akibat pergerakan tanah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News