Tanam 1.000 Bibit Pohon di Lahan Gersang Blora, Ganjar: Ini Jadi Tempat Pariwisata yang Bagus

Tanam 1.000 Bibit Pohon di Lahan Gersang Blora, Ganjar: Ini Jadi Tempat Pariwisata yang Bagus
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memperkuat pariwisata dengan menanam bibit pohon di lahan gersang Bukit Serut Singonegoro, Jiken, Blora, Jateng. Foto dok Pemprov Jateng

jpnn.com, BLORA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memperkuat pariwisata dengan menanam bibit pohon di lahan gersang Bukit Serut Singonegoro, Jiken, Blora, Jateng.

Bukit Serut yang ditanami pohon merupakan lahan milik perhutani, yang dikerjasamakan dengan masyarakat. Saat ini, masyarakat setempat memanfaatkan lahan ini sebagai tempat pariwisata.

"Maka mumpung hujannya lagi banyak, ayo kita tanamkan sebanyak-banyaknya juga. Ini bisa menjadi tempat pariwisata yang bagus," ujar Ganjar, Rabu (26/10).

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar bersama mahasiswa, kelompok masyarakat, dan kelompok tani menanam 1.000 bibit pohon kenang, kantil, pule, serut, garu, alpukat, hingga cemara secara simbolis.

Pria 53 tahun ini mengatakan, lahan gersang tersebut masih bisa ditanami sejumlah bibit pohon yang lain seperti tanaman buah.

"Di area yang masih relatif gersang seperti ini, momentum musim hujannya betul-betul dipakai untuk menanam sebanyak-banyaknya. Tadi ada usulan Pak Bupati (Blora) umpama, tanaman buah dan pohon-pohon yang orang-orang ngga mau nebang," serunya.

Politikus PDIP ini juga meminta pengelola wisata Bukit Serut untuk menata kawasan tersebut menjadi lebih indah.

Mantan anggota DPR RI itu juga mendorong adanya keterlibatan perguruan tinggi untuk membantu pengembangan wisata Bukit Serut.

Ganjar bersama mahasiswa, kelompok masyarakat, dan kelompok tani menanam 1.000 bibit pohon kenang, kantil, pule, serut, garu, hingga cemara secara simbolis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News