Tandatangani Kontrak Paket 5, Kemenhub Lanjutkan Pembangunan Pelabuhan Patimban

Tandatangani Kontrak Paket 5, Kemenhub Lanjutkan Pembangunan Pelabuhan Patimban
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) saat meninjau Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, pada Sabtu (5/3). (Kemenhub)

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut pada Jumat, (30/12) menandatangani kontrak pekerjaan paket 5: Konstruksi Car Terminal Pembangunanan Pelabuhan Patimban.

Proyek ini didanai dari pinjaman Japanase official Development Assistantance (ODA) Loans oleh Japan International Cooperation Agency (JICA).

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha, yang diwakili oleh Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Capt. Mugen S Sartoto mengatakan, penandatanganan kontrak ini merupakan proyek lanjutan dari pembangunan Pelabuhan Patimban Phase 1-1.

"Selaku Pimpinan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, saya memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya serta dengan penuh tanggung jawab menyambut baik pelaksanaan Penandatanganan Kontrak Kegiatan ini sebagai bentuk mewujudkan amanah untuk terus mengembangkan Pelabuhan Patimban sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional," ujar Dirjen Arif.

Dirjen Arif mengungkapkan dengan telah ditandatanganinya Kontrak Pembangunan Pelabuhan Patimban Paket 5 ini, semua proses pelaksanaan pembangunan Pelabuhan Patimban Paket 5 ini diharapkan bisa berjalan sesuai target yang telah ditetapkan.

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), tujuan Pembangunan Pelabuhan Patimban adalah mengurangi biaya logistik dengan mendekatkan pusat produksi dengan pelabuhan.

Kemudian memperkuat ketahanan ekonomi, mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas di Jakarta dengan pembagian arus lalu lintas kendaraan, serta menjamin keselamatan pelayaran termasuk area eksplorasi Migas.

"Dengan demikian keberadaan Pelabuhan Patimban tentunya akan memperkuat kapasitas logistik nasional dan melengkapi atau mendukung Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta," terang Dirjen Arif.

Kemenhub menandatangani kontrak pekerjaan paket 5: Konstruksi Car Terminal Pembangunanan Pelabuhan Patimban.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News