Tangan Dingin Airin Sulap Kampung Kumuh jadi Luar Biasa

Tangan Dingin Airin Sulap Kampung Kumuh jadi Luar Biasa
Wali Kota Tangerang Selatan, Banten, Airin Rachmi Diany meresmikan Taman Kampung Nambo, Jumat (19/2). Airin membangun kawasan yang dulu kumuh menjadi layak huni. Foto: Humas Pemkot Tangsel.

jpnn.com, TANGSEL - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Airin Rachmi Diany sukses mengubah Kampung Nambo RT 03 / RW 04, Kelurahan Serpong, Kecamatan Serpong, yang sempat kumuh menjadi Taman Kampung Nambo yang layak huni dan ramah lingkungan.

Airin mengatakan pembangunan Taman Kampung Nambo itu awalnya dari revitalisasi dan penataan kawasan instalasi pengolahan air limbah (IPAL).

Namun kemudian banyak permintaan warga supaya kawasan tersebut menjadi bagian dari aset fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) Kota Tangsel.

“Kami manfaatkan dalam rangka penyediaan sarana dan prasarana masyarakat. Ada kegiatan olahraga, kegiatan ekonomi dan pertanian. Mudah-mudahan nanti dibentuk kelompok penerima dan pemanfaat (KKP) sehingga ada kemandirian," kata Airin usai meresmikan Taman Kampung Nambo, Jumat (19/2).

Menurut Airin, dengan adanya Taman Kampung Nambo itu maka RT/RW setempat akan memberdayakan rakyat, sehingga masyarakat juga memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaganya.

“Kami tidak hanya membangun saja tetapi juga memberdayakan masyarakat, sehingga masyarakat memiliki tugas dan tanggung jawab bersama-sama. Jadi bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja," kata Airin.

Menurut Airin, adanya urban farming di dalam kawasan Taman Kampung Nambo akan membantu perputaran ekonomi masyarakat.

"Mudah-mudahan dari hasil urban farming ini, alhamdulillah, bisa dijual. Kalau tidak, kan bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar, terus ada ikan lele dan lainnya," katanya.

Wali Kota Tangsel Airin sukses mengubah Kampung Nambo RT 03 / RW 04, Kelurahan Serpong, Kecamatan Serpong, yang sempat kumuh menjadi Taman Kampung Nambo yang layak huni dan ramah lingkungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News