Tanggapi Aspirasi Pengembalian Nama Provinsi Jawa Barat Jadi Provinsi Sunda, Fadel Muhammad Bilang Begini

Tanggapi Aspirasi Pengembalian Nama Provinsi Jawa Barat Jadi Provinsi Sunda, Fadel Muhammad Bilang Begini
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad, anggota MPR dari Kelompok DPD Jawa Barat, Hj. Eni Sumarni; serta para tokoh masyarakat Sunda saat “Dialog Aspirasi Pengembalian Nama Provinsi Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda” di Perpustakaan Ajip Rosidi, Jalan Garut No. 2, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (12/10/2020). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, BANDUNG - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad, anggota MPR dari Kelompok DPD Jawa Barat, Hj. Eni Sumarni; serta para tokoh masyarakat Sunda seperti Andri Prawira, Avi Taufik, Dyna, Acil Bimbo, Prof Ginanjar, dan Memet Hamdan menghadiri “Dialog Aspirasi Pengembalian Nama Provinsi Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda” di Perpustakaan Ajip Rosidi, Jalan Garut No. 2, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (12/10/2020).

Dalam acara itu, tokoh masyarakat Sunda menyampaikan aspirasi mengenai keinginan untuk mengganti nama Provinsi Jawa Barat dengan Provinsi bernama Sunda atau Tatar Sunda. Mereka satu persatu menyampaikan soal sejarah, demografi, sosiologi, dan budaya Sunda.

Salah seorang tokoh yang hadir menyebutkan aspirasi untuk menjadikan Sunda sebagai nama provinsi sudah dilakukan sejak tahun 1926.

Selepas acara, Fadel Muhammad menuturkan kehadiran dirinya di kota yang disebut Paris Van Java itu untuk melakukan serap aspirasi yang berkembang di masyarakat.

“Ini merupakan salah satu tugas MPR,” ujarnya.

Menurut Fadel, pada waktunya nanti aspirasi dari tokoh dan masyarakat Sunda akan disampaikan kepada Presiden. Lebih lanjut pria alumnus ITB itu mengatakan ia bersama dengan anggota DPD dari Jawa Barat dan tokoh Sunda pada hari itu berkumpul dan berdiskusi mengenai masalah itu.

Bagi Fadel Muhammad aspirasi untuk mengganti nama Jawa Barat dengan Sunda sah-sah saja.

“Anggota MPR dari Fraksi Gerindra, Fadli Zon pun juga mengusulkan nama Provinsi Sumatera Barat diganti nama dengan Provinsi Minangkabau,” ungkapnya.

Sejumlah tokoh masyarakat Sunda menyampaikan aspirasi mengenai keinginan untuk mengganti nama Provinsi Jawa Barat dengan Provinsi bernama Sunda atau Tatar Sunda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News