Tanggapi Pernyataan Ketua Satgas Covid-19, PSI: Menggembirakan tetapi Tidak Realitis

Tanggapi Pernyataan Ketua Satgas Covid-19, PSI: Menggembirakan tetapi Tidak Realitis
Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo. Foto: BNPB/Satgas COVID-19.

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Bidang Kesehatan Masyarakat, Dr. Christian Widodo menanggapi pernyataan Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo bahwa Indonesia sudah dapat mengendalikan pandemi Corona pada 17 Agustus mendatang.

“Pernyataan tersebut sangat menggembirakan tetapi tampaknya kurang realistis,” kata Christian Widodo dalam keterangan tertulis diterima Rabu (24/2).

Menurut Christian, untuk keluar dari sebuah pandemi dapat memakan waktu yang lama. Dia menyebutkan angka positif Covid-19 di Indonesia memang menurun dalam satu minggu terakhir.

“Namun itu bukan berarti akan terus seperti itu, bisa saja terjadi gelombang positif terjangkiti pada minggu-minggu mendatang bila kita tidak disiplin menaati protokol kesehatan, meski tentu kita tidak berharap demikian. Dan, kecepatan vaksin kita juga akan mempengaruhi kapan kita bisa keluar dari pandemi ini,” katanya.

Pada kesempatan itu, Anggota DPRD Provinsi NTT ini bersyukur karena pemerintah saat ini melaksanakan vaksinasi secara masif.

“Kita tentu sangat bersyukur, pemerintah bergerak cepat menyediakan stok vaksin untuk kebutuhan nasional. Banyak negara yang masih berburu vaksin hingga hari ini. Namun bukan berarti vaksin adalah akhir dari pandemi, masih banyak faktor yang bisa menyebabkan pandemi belum bisa dikatakan berakhir.”

Christian menyarankan kepada Ketua Satgas Covid-19 untuk lebih bijak dalam menjelaskan langkah-langkah strategis apa yang akan diambil menuju 17 Agustus 2021.

“Seluruh rakyat Indonesia tentu akan sangat bergembira jika benar kita bisa segera keluar dari pandemi Covid-19 ini,” ujar Christian.

Jubir PSI Christian Widodo menanggapi pernyataan Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo bahwa Indonesia sudah dapat mengendalikan pandemi Corona pada 17 Agustus mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News