Tanggapi Polemik Masalah Kampung Bayam, Anies: Warga Berhak atas Hunian Layak

Tanggapi Polemik Masalah Kampung Bayam, Anies: Warga Berhak atas Hunian Layak
Capres bernomor urut 1 di Pilpres 2024 Anies Baswedan. Foto: arsip JPNN.com/Ryana Aryadita Umasugi

jpnn.com, JAKARTA - Capres bernomor urut 1 di Pilpres 2024 Anies Baswedan menanggapi polemik tentang warga Kampung Bayam di sekitar Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Menurut Anies, masyarakat Kampung Bayam berhak mendapatkan hunian yang sudah dibangun saat era kepemimpinannya di Pemprov DKI pada 2017-2022.

"Ini adalah salah satu contoh bagaimana keberlanjutan harus dituntaskan. Jadi, sengaja dibangunkan di situ, disiapkan tempatnya di situ dan menurut saya tega sekali ketika tempat itu sudah disiapkan itu tidak diberikan kepada warga Kampung Bayam yang seharusnya masuk ke tempat itu," ujar Anies dalam acara Resolusi Indonesia di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Jumat, (5/1).

Gubernur ke-17 DKI Jakarta itu menambahkan jika Kampung Bayam dikelola dengan baik, hasilnya bisa seperti Kampung Akuarium di Penjaringan, Jakarta Utara, yang baru saja mendapat penghargaan di ajang World Habitat Awards 2024.

"Di Kampung Bayam itu semuanya sudah tuntas, tinggal diberi izin dan itu soal kewenangan saja mau diberikan atau tidak dan menuru saya seharusnya diberikan," tuturnya.

Oleh karena itu, Anies mengharapkan pemegang kewenangan di Pemprov DKI saat ini memenuhi hak warga Kampung Bayam.

“Tuntaskan hak-hak warga Kampung Bayam untuk mereka bisa tinggal di tempat yang kami bangun,” pesan capres yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar itu..

Menurut Anies, jika hak-hak warga Kampung Bayam terpenuhi, berarti pemerintah terbukti melindungi siapa saja.

Anies Baswedan menanggapi polemik tentang warga Kampung Bayam di sekitar Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News