Tangkap Kesamaan Motif di Batam dan Tanjung Gusta

Tangkap Kesamaan Motif di Batam dan Tanjung Gusta
Tangkap Kesamaan Motif di Batam dan Tanjung Gusta
JAKARTA - Kelalaian sipir di Rutan Baloi, Batam diduga menjadi penyebab kaburnya 11 tahanan titipan kepolisian. Namun demikian kelalaian itu diharapkan tidak dijadikan satu-satunya penyebab tahanan kabur setelah sempat menyandera sipir.

Menurut anggota Komisi III DPR, Aboebakar al-Habsy, dilihat dari pemicu kaburnya tahanan antara di Rutan Baloi Batam dengan Lapas Tanjung Gusta Medan memang berbeda. Di Batam, tahanan kabur karena sipir lalai mengunci sel lagi. Sedangkan di Tanjung Gusta, ratusan napi kabur karena terpicu matinya listrik dan terhentinya pasokan air.

Namun, Aboebakar melihat ada kesamaan hal dalam kasus Batam dan Tanjung Gusta. "Bila ditelisik bisa jadi motivasinya sama, yaitu soal PP 99 Tahun 2012 yang membatasi remisi untuk para tahanan narkoba," katanya kepada JPNN, Kamis (18/7) dini hari.

Menurut politikus PKS itu, kebanyakan penghuni lapas Tanjung Gusta yang kabur adalah napi kasus narkoba. Di Rutan Baloi, lanjutnya, tahanan yang kabur juga karena mayoritas terjerat kasus narkoba.

JAKARTA - Kelalaian sipir di Rutan Baloi, Batam diduga menjadi penyebab kaburnya 11 tahanan titipan kepolisian. Namun demikian kelalaian itu diharapkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News