Tanoto Foundation Gelontorkan Rp 1,9 Triliun untuk Beasiswa dan Penanganan Stunting

Tanoto Foundation Gelontorkan Rp 1,9 Triliun untuk Beasiswa dan Penanganan Stunting
Tanoto Foundation menggelontorkan dana besar untuk program SIGAP bagi penurunan stunting. Foto laman tanotofoundation.org

jpnn.com, JAKARTA - Tanoto Foundation menggelontorkan dana triliunan rupiah untuk program pendidikan dan kesehatan di Indonesia.

Dikutip dari Laporan Tahunan Tanoto Foundation, sepanjang 2015 hingga 2022, keluarga Sukanto Tanoto tercatat memberikan donasi sebesar USD 133,8 juta atau setara Rp 1,9 triliun (kurs rata-rata Rp 14.500 per USD).

"Pendanaan Tanoto Foundation ini berasal dari keluarga Sukanto Tanoto. Jadi, terpisah dengan program CSR perusahaan yang ada di bawah RGE Group," bunyi Laporan Tahunan Tanoto Foundation dikutip dari laman tanotofoundation.org/id/media/publikasi/laporan-tahunan-2021/.

Disebutkan juga dari tahun ke tahun, jumlah donasi Tanoto Foundation terlihat naik. Terakhir pada 2022 lalu, donasinya mencapai USD 27 juta atau setara Rp 391 miliar.

Total dana triliunan tersebut digunakan dalam berbagai program di bidang pendidikan dan kesehatan di Indonesia.

Di antaranya adalah program beasiswa TELADAN untuk mahasiswa, program SIGAP untuk penurunan stunting, serta program PINTAR untuk peningkatan kapasitas bagi siswa, guru, dan kepala sekolah di berbagai wilayah di Indonesia.

Sepak terjang Sukanto Tanoto di dunia filantropi tak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga merambah ke Asia. 

Bersama Temasek Foundation Singapura dan Bill & Melinda Gates Foundation, Tanoto Foundation ikut menginisiasi lahirnya Philanthropy Asia Alliance yang bergerak dalam program pendidikan dan sosial di regional Asia. 

Tanoto Foundation menggelontorkan dana Rp 1,9 triliun untuk beasiswa dan penanganan stunting

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News