Tanpa Allenatore Lokal Kelas Dunia

Tanpa Allenatore Lokal Kelas Dunia
Tanpa Allenatore Lokal Kelas Dunia
ROMA - Italia memang memiliki banyak pelatih kelas dunia dan bermental juara. Sebut saja antara lain mulai dari Marcello Lippi, Fabio Capello, Carlo Ancelotti, Giovanni Trapattoni, dan Roberto Mancini. Namun, tidak ada satu pun yang membesut klub Serie A.

Mereka adalah sejumlah pelatih yang pernah membawa klub Italia tampil sebagai juara, baik di Serie A, Coppa Italia, maupun Liga Champions. Sayang, mereka memutuskan hijrah dari Italia dan mencari peruntungan di negeri orang.

Selain Lippi yang menganggur setelah melepas jabatan pelatih timnas Italia, sejumlah nama yang disebut di atas semuanya berada di perantauan. Mereka memilih melatih tim di Inggris Raya, setelah bergelimang prestasi di negeri sendiri.

Capello yang sukses saat melatih AC Milan, AS Roma dan Juventus, memilih membesut timnas Inggris. Begitu pula dengan Trapattoni yang membawa Juve enam kali scudetto, plus juara Liga Champions 1985, kini melatih timnas Republik Irlandia.

ROMA - Italia memang memiliki banyak pelatih kelas dunia dan bermental juara. Sebut saja antara lain mulai dari Marcello Lippi, Fabio Capello, Carlo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News