Tanpa Amalkan Pancasila, Sulit jadi Bangsa Besar

Tanpa Amalkan Pancasila, Sulit jadi Bangsa Besar
Ketua MPR Zulkifli Hasan saat menjadi pembicara dalam Seminar Legislasi Nasional di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat, Rabu (15/3). Foto: Fandi Permana/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan, penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dinilai makin luntur seiring dengan pesatnya arus globalisasi.

Padahal, menurunya, sebagai ideologi bangsa, Pancasila merupakan landasan utama bangsa Indonesia.

Zulkifli mengingatkan mengenai pentingnya kembali menerapkan nilai-nilai Pancasila secara konsisten dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, Indonesia sulit menjadi bangsa besar jika masyarakatnya tidak mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

"Saat ini kehidupan bernegara yang berlandaskan Pancasila semakin terlupakan. Dalam kehidupan sekarang memang semuanya butuh iptek, tapi nilai-nilai budaya dalam Pancasila jangan kita tinggalkan," kata Zulkifli saat menjadi pembicara dalam Seminar Legislasi Nasional di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat, Rabu (15/3).

Zulkifli menegaskan bahwa butir-butir Pancasila yang terdapat dalam lima sila didalamnya harus diimplemantasikan.

Karena dengan Pancasila semua sektor kehidupan berbangsa dan bernegara akan tearah.

"Kalau butir-butir Pancasila ini kita amalkan, maka cita-cita kemerdekaan yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia akan tercapai. Bahkan kehidupan berpolitik pun akan terarah tanpa ada penyimpangn di dalamnya," ungkap Zulkifli.

Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan, penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dinilai makin luntur seiring dengan pesatnya arus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News