Tanpa Messi, Barcelona Akhirnya Keok juga La Liga

Tanpa Messi, Barcelona Akhirnya Keok juga La Liga
Luis Suarez dan Philppe Coutinho. Foto: Marca

jpnn.com, VALENCIA - Juara La Liga 2017-2018 Barcelona kena apes di tangan Levante pada jornada ke-37, Senin (14/5) kemarin. Bertandang ke Stadion Ciutat de Valencia, Barca harus rela mengubur mimpi rekor tak terkalahkan dalam satu musim La Liga, setelah takluk 4-5 dari Granotas.

Kekalahan kemarin membuat rekor Blaugrana tak tersentuh kekalahan di La Liga terhenti di angka 43 pertandingan. 

Penaklukkan Barca oleh Levante kemarin jelas di luar dugaan. Usai bermain imbang 2-2 versus Real Madrid pada jornada ke-36 di Camp Nou 7 Mei lalu, media-media Spanyol memprediksi Barca akan menjalani musim dengan sempurna. Sebab di atas kertas, tiga lawan tersisa Barca berada di bawah levelnya. Yakni Villarreal (9/5), Levante (14/5), dan Real Sociedad (21/5).

“Kami sama sekali tidak tampil solid, setiap mereka (Levante, red.) menyerang maka mereka akan mencetak gol. Kebobolan lima gol dalam satu pertandingan bukan sesuatu yang normal buat kami,” kata entrenador Barca Ernesto Valverde seusai pertandingan seperti dikutip Marca.

Ketiadaan sang bintang Lionel Messi menyebabkan Barca loyo. Meski di antara lima laga tanpa Messi musim ini di semua ajang, baru sekali yakni kemarin Barca kalah.

Meski berulang kali Valverde menyangkal kalau timnya tak mengalami Messidependencia atau ketergantungan kepada Messi, fakta di lapangan tak bisa dipungkiri.

Misalnya ketika lawan Espanyol (4/2) dan Sevilla (31/3) di La Liga musim ini. Dalam Derbi Barceloni lawan Espanyol, sebelum suami Antonella Roccuzzo main Barca kalah 0-1. Masuk menggantikan Paco Alcacer menit ke-59, Messi berkontribusi assist buat gol Gerard Pique menit ke-82.

Kemudian saat menghadapi Sevilla, Messi masuk menit ke-58 menggantikan Ousmane Dembele, satu menit jelang laga usai Messi membuat gol yang membuat Barca bermain imbang 2-2 di kandang Sevilla itu.

Barcelona gagal menjadi tim yang tak terkalahkan di La Liga musim ini setelah kalah dari Levente 4-5.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News