Tantangan DHL Global Forwarding Dalam Kirimkan Vaksin Covid ke 24 Provinsi di Indonesia

Tantangan DHL Global Forwarding Dalam Kirimkan Vaksin Covid ke 24 Provinsi di Indonesia
DHL Global Forwarding, spesialis jasa pengiriman kargo dari Deutsche Post DHL Group, turut terlibat dalam pengiriman vaksin Covid-19. Foto dok DHL

jpnn.com, JAKARTA - DHL Global Forwarding, spesialis jasa pengiriman kargo dari Deutsche Post DHL Group, turut terlibat dalam pengiriman vaksin Covid-19.

Dalam hal ini DHL menjalankan lebih dari 17 penerbangan carter menuju 24 lokasi yang belum terjangkau penerbangan umum karena tidak beroperasi atau kapasitas yang tidak mencukupi.

“Dikarenakan COVID-19, perjalanan domestik menurun secara signifikan dan menyebabkan pembatalan atau penangguhan penerbangan penumpang. Minimnya ruang angkut membutuhkan solusi," ujar President Director DHL Global Forwarding Indonesia Vincent Yong.

"Melalui kerja sama dengan maskapai penerbangan dan mitra pengiriman jarak jauh kami, DHL Global Forwarding berkoordinasi dengan Pfizer serta didukung pemerintah Indonesia, mengatur penerbangan carter yang diperlukan untuk memastikan kargo berharga tersebut dikirimkan dengan tepat agar tetap menjaga integritas cold chain,” imbuh Vincent.

Sulitnya pengiriman vaksin ke wilayah terpencil disebabkan berkurangnya kapasitas angkutan udara yang tersedia akibat menurunnya lalu lintas penumpang pada tahun lalu.

DHL Global Forwarding ikut serta dalam mengatur penerbangan carter – memastikan persetujuan peraturan yang diperlukan untuk melakukan distribusi vaksin ke berbagai lokasi.

“Pesawat memiliki batasan jumlah es kering (dry ice) yang dapat dibawa. Hal tersebut merupakan gabungan dari desain berbagai jenis pesawat, pedoman pabrik, serta persetujuan peraturan. DHL menghargai dukungan dan bantuan dari Kementerian Kesehatan, BPOM dan Bea Cukai dalam memperlancar pengiriman vaksin ini ke berbagai provinsi,” ungkap Yong.

Yong menjelaskan untuk memindahkan vaksin yang dikemas dengan es kering memerlukan perencanaan yang sangat terperinci.

DHL Global Forwarding, spesialis jasa pengiriman kargo dari Deutsche Post DHL Group, turut terlibat dalam pengiriman vaksin Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News