100 Juta Warga Sudah Mendapat Vaksin Dosis Lengkap, Menkes Budi belum Puas 

100 Juta Warga Sudah Mendapat Vaksin Dosis Lengkap, Menkes Budi belum Puas 
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan menyatakan hingga Selasa (7/12) pukul 18.00 WIB sudah 100.033.810 warga Indonesia yang mendapatkan vaksin dosis lengkap atau dua kali suntikan. 

Capaian vaksinasi Covid-19 itu telah memenuhi 49 persen dari target sasaran sebanyak 108,2 juta orang. 

Selain itu, capaian tersebut juga membawa Indonesia menduduki peringkat kelima sebagai negara dengan jumlah warga terbanyak yang telah divaksin setelah China, India, Amerika Serikat, dan Brasil, berdasarkan data Our World in Data. 

Adapun untuk dosis pertama vaksin Covid-19 sudah diberikan kepada lebih dari 143 juta orang atau sekitar 70 persen dari target.

Pencapaian-pencapaian ini tidak membuat Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berpuas diri. 

Dia menegaskan bahwa pihaknya akan terus berupaya meningkatkan percepatan vaksinasi Covid-19 di tanah air. 

"Vaksinasi menjadi salah satu upaya penting dalam mengurangi laju penyebaran virus sehingga mengurangi lonjakan kasus dan membawa kita keluar dari pandemi," kata Menkes Budi, Rabu (8/12).

Dia menjelaskan Kemenkes telah mengeluarkan Surat Edaran yang menginstruksikan seluruh pos pelayanan vaksinasi, unit pelaksana teknis (UPT) di bawah Kemenkes, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), rumah sakit vertikal, Poltekkes untuk melakukan vaksinasi kepada semua target sasaran.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan akan terus meningatkan percepatan vaksinasi Covid-19 di tanah air, meskipun saat ini sudah lebih dari 100 juta warga menerima vaksin dosis lengkap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News