Tantyo Bangun, Petualang Pendiri Greenweb, Facebook-nya Para Pencinta Lingkungan

Member Bisa Bertanam Pohon secara Virtual

Tantyo Bangun, Petualang Pendiri Greenweb, Facebook-nya Para Pencinta Lingkungan
Tantyo Bangun saat mendaki Mont Blanc 2011 lalu. Foto : Tantyo Bangun for Jawa Pos.
Lewat Greenweb, Tantyo Bangun berharap bisa menggerakkan kontribusi dalam pelestarian lingkungan. Berawal dari keprihatinan terhadap kerusakan alam yang disaksikannya langsung di berbagai wilayah tanah air.

 

 AHMAD BAIDHOWI, Jakarta
 

DARI sebuah kantor di Ciputat, Tangerang Selatan, mimpi besar itu ditanam: mengajak masyarakat berperan aktif dalam pelestarian lingkungan. Dan, hasilnya sejauh ini sungguh membuncahkan harapan.

Setidaknya, itulah yang terekam dalam pertemuan alias kopi darat di Jakarta Convention Center pada 17 Juni lalu. Sekitar 60 orang yang hadir kala itu dengan bersemangat berbicara tentang penghijauan kembali lahan kritis di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), penanaman pohon bakau di pesisir pantai, produksi dan pemasaran produk-produk pertanian organik, pengelolaan dan recycle sampah, program sungai bersih, ekspedisi hijau, hingga jambore nasional para pencinta lingkungan.

 

Enam puluh orang dengan beragam latar belakang aktivis Green Peace, peneliti perubahan iklim, peneliti orang utan, trainer pendidikan lingkungan, pengurus sekolah alam, hingga masyarakat umum" itu merupakan para anggota Greenweb (www.green.web.id). Itulah "Facebook-nya" para pencinta lingkungan yang pertama di dunia. Media sosial itulah yang bermarkas di kantor di Ciputat tersebut.

Lewat Greenweb, Tantyo Bangun berharap bisa menggerakkan kontribusi dalam pelestarian lingkungan. Berawal dari keprihatinan terhadap kerusakan alam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News