JPNN.com

Target, Badan Independen Wasit Dilaunching sebelum Liga 1 Dimulai

Senin, 04 Maret 2019 – 05:31 WIB Target, Badan Independen Wasit Dilaunching sebelum Liga 1 Dimulai - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PSSI akan membentuk Badan Independen Wasit yang sudah disetujui oleh voters dalam Kongres Tahunan PSSI di Bali pada 20 Januari lalu. Persiapan menuju pembentukan itu sudah dalam proses. Bahkan, turnamen pramusim Piala Presiden dijadikan salah satu test drive-nya.

Seperti yang dikatakan oleh Sekjen PSSI Ratu Tisha kepada Jawa Pos. Dia menuturkan sebelum kick-off Liga 1 dimulai, memang pihaknya merencanakan bakal melaunching Badan Independen Wasit tersebut. Jadi nantinya, ketika Liga 1 sudah dimulai penerapannya sudah maksimal.

Nah, test drive-nya di Piala Presiden 2019 kali ini. Badan Independen Wasit nantinya merupakan urun rembuk dari beberapa pihak. Yakni diisi oleh perwakilan klub, perwakilan PSSI, dan satu lagi merupakan wasit sendiri.

Ketiga perwakilan itu rencananya akan memantau semua pertandingan di Piala Presiden 2019. ’’Nanti dibantu oleh tim teknikal dari JFA (PSSI-nya Jepang),’’ jelasnya.

BACA JUGA: Khofifah: Wis Rek, Pokok'e Persebaya Karo Arema Podo Wae

Siapa perwakilan klub? Untuk sementara memang masih semua klub peserta Piala Presiden 2019. Artinya, pengawasan berasal dari laporan-laporan yang ada disetiap pertandingan. Dari PSSI-nya adalah pengawas pertandingan. ’’Wasit yang memimpin juga nanti melaporkannya,’’ ungkapnya.

Dari ketiga laporan tersebut, Tisha ingin melihat secepat apa mekanismenya. Secepat apa mencari unsur kesalahan di dalamnya. ’’Termasuk di dalamnya apakah nanti birokrasinya bertele-tele atau tidak,’’ terangnya.

Diharapkan nantinya usai Piala Presiden 2019, ada bahan evaluasi bagi PSSI sebelum dibentuk Badan Independen Wasit. Bahan evaluasi yang akan jadi dasar bagaimana pembentukan dan prosesnya. ’’Seperti yang saya katakan tadi, saya harap nanti di Liga 1 semua sudah siap,’’ tuturnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...