Target Penurunan Stunting 14 Persen Makin Sulit Dicapai Saat Pandemi Covid-19

Target Penurunan Stunting 14 Persen Makin Sulit Dicapai Saat Pandemi Covid-19
Salah seorang anak penderita gizi buruk di Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor. Foto: Kozer/Radar Bogor

jpnn.com, JAKARTA - Kondisi pandemi memunculkan berbagai tantangan di bidang kesehatan, Termasuk masalah stunting dan aspek pemenuhan gizi ibu hamil serta anak-anak.

Pasalnya, banyak sektor usaha terkena dampak ekonomi akibat pandemi dan keluarga turut merasakan imbasnya.

Dokter Spesialis Anak Dina Muktiarti mengungkapkan kebutuhan gizi anak di masa pandemi harus tetap tercukupi dengan baik agar mencapai kondisi optimal yang diharapkan.

"Pemenuhan gizi anak berupa makanan pokok yang bervariasi, lauk pauk yang mengandung protein tinggi, sayuran, dan buah harus diperhatikan orang tua," katanya dalam webinar bertajuk Optimalisasi Tanggap COVID-19 dengan Metode Edukasi Daring Bagi Guru di PAUD, baru-baru ini.

Di masa pandemi, lanjutnya, produsen produk bernutrisi bagi ibu dan anak tetap berkomitmen untuk terus memastikan ketersediaan produknya. Hal ini agar kebutuhan gizi ibu dan anak tercukupi terutama di masa pandemi.

"Kalau makanan yang dikonsumsi bergizi, daya tahan tubuh pun tetap terjaga dengan baik," kata Dokter Dina.

Rivanda Idiyanto, ketua Asosiasi Perusahaan Produk Bernutrisi untuk Ibu dan Anak (APPNIA), menilai kolaborasi swasta dan pemerintah harus terus diperkuat di masa mendatang. Rivanda menekankan anak-anak sangat memerlukan dukungan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang mereka. 

"Kolaborasi pemerintah-swasta perlu diperkuat. APPNIA siap bekerja sama mendukung program pemerintah dalam pemenuhan gizi seimbang dan akses terhadap produk bernutrisi, tentunya dengan tetap mematuhi regulasi yang berlaku," ujarnya.

Jangankan saat pandemi covid-19 bahkan dalam kondisi normal pun target penurunan stunting menjadi 14 persen dirasakan sangatlah berat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News