Sabtu, 15 Desember 2018 – 11:44 WIB

Target, Tol Merak – Surabaya Bisa Digunakan saat Mudik Natal

Sabtu, 01 Desember 2018 – 06:00 WIB
Target, Tol Merak – Surabaya Bisa Digunakan saat Mudik Natal - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Jalan tol Merak - Surabaya ditargetkan bisa digunakan pada pekan ketiga bulan desember 2018 mendatang. Dengan demikian, jalan bebas hambatan itu diharapkan bisa digunakan untuk momen mudik natal dan tahun baru.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik (PUPR) Endra Saleh Atmawidjaja mengatakan, sebetulnya, yang terpenting adalah tersambung tahun ini.

Namun jika melihat momentum, pemerintah ingin agar peresmian tidak dilakukan di akhir bulan. Mengingat terhitung tanggal 24 desember bulan depan hingga awal tahun 2019, diprediksi ada peningkatan arus lalu lintas.

“Sebelum libur natal ingin diresmikan semua. Memang pergerakan besar (arus lalu lintas) di situ, libur natal dan tahun baru,” ujarnya saat dikonfirmasi Jawa Pos.

Soal kepastian tanggal peresmian untuk masing-masing tol, Endra belum bisa memastikan. Pasalnya, pengaturan jadwal juga bergantung pada waktu yang dimiliki Presiden Joko Widodo. Namun secara umum, dia memperkirakan sekitar pekan kedua dan ketiga bulan desember.

“Pekan kedua kan mulai tanggal 12. Jadi antara tanggal 12 sampai 23 Desember. Tapi ya tergantung waktu presiden,” imbuhnya.

Seperti diketahui, untuk menyambungkan tol Merak – Surabaya, masih ada empat ruas lagi yang belum diresmikan. Yakni segmen Tol Pemalang - Batang sepanjang 33 Km, Batang - Semarang sepanjang 75 Km, Salatiga - Solo sepanjang 33 Km dan segmen Wilangan - Kertosono sepanjang 39 Km.

Saat disinggung soal kesiapan ke empat tol tersebut, Endra mengakui masih ada beberapa titik yang dalam tahap finishing konstruksinya, misalnya di daerah semarang. Meski demikian, pihaknya optimis, di sisa waktu yang ada, kekurangan tersebut bisa ditutupi.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar