Targetkan Lima Tahun Lagi KA Hubungkan Sorong-Manokwari

Targetkan Lima Tahun Lagi KA Hubungkan Sorong-Manokwari
Targetkan Lima Tahun Lagi KA Hubungkan Sorong-Manokwari

jpnn.com - JAKARTA - Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Hermanto Dwiatmoko memasukkan wilayah Papua dalam rencana pembangunan jalur kereta api. Rencananya, rel kereta akan dibangun untuk menghubungkan Sorong dan Manokwari di Papua Barat.

Menurut Hermanto, panjang jalur KA yang menghubungkan Sorong dengan Manokwari adalah 390 kilometer. Proyek yang diperkirakan menelan dana Rp 10,3 triliun itu diperkirakan tuntas pada 2020.

"Kalau ini lima tahun selesai sudah bagus sekali, karena setiap ada pembangunan di sana itu tidak mudah," ungkap Hermanto di kantornya, Jakarta, Senin (9/3).

Menurutnya, lebar jalur KA yang akan dibangun di Papua Barat adalah 1435 mm. Jalur itu ditargetkan mampu dilintasi KA dengan kecepatan hingga 200 km/jam.

Hermanto menambahkan, rencana pembangunan jalur KA di Papua Barat itu akan melalui tahap uji kelayakan terlebih dulu. Sebab, APBN Perubahan 2015 baru mencakup anggaran untuk uji kelayakannya.

Sedangkan untuk tahap rancangan dan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDL), diharapkan bisa dilakukan pada 2016. Selanjutnya pada 2017, pemerintah akan melaksanakan pengadaan lahan sehingga pada tahun 2018 proyek KA di Papua Barat sudah memasuki tahap konstruksi. "Mudah-mudahan semuanya lancar," harapnya.(chi/jpnn)

 

JAKARTA - Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Hermanto Dwiatmoko memasukkan wilayah Papua dalam rencana pembangunan jalur kereta


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News