Tjatur Harapkan Pemuda Muhammadiyah Siap Hadapi MEA

Tjatur Harapkan Pemuda Muhammadiyah Siap Hadapi MEA
Tjatur Harapkan Pemuda Muhammadiyah Siap Hadapi MEA

jpnn.com - JAKARTA – Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada akhir tahun ini mendapat respon dari politisi PAN, Tjatur Sapto Edy. Dia berharap, masyarakat Indonesia siap menghadapi tantangan baru di bidang ekonomi.

Tjatur mengungkapkannya saat menghadiri Musyawarah Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Magelang. Dia mengaku sudah berkomunikasi dengan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar agar ikut berperan mempersiapkan masyarakat bersaing dalam MEA.

"Kita sebagai Pemuda Muhammadiyah harus memahami itu. Tadi saya beri masukkan kepada Dahnil, agar Pemuda Muhammadiyah siapkan masyarakat kita menghadapi MEA, ikut andil," terang Tjatur, Senin (9/3).

Tjatur mengungkapkan, masuknya Indonesia MEA membuat negara lain di Asean tak memiliki sekat untuk memasarkan produknya ke tanah air. Dengan begitu, persaingan di dunia usaha pun akan semakin ketat.

"Pertanyaannya, kita akan jadi konsumen atau produsen? Apakah akan menjadi pasar atau pemasok pasar?" tegas Tjatur.

Karena itu, Tjatur menekankan pentingnya pemerintah dan seluruh kalangan mengubah pola pikir agar bisa  bertransformasi dari konsumen menjadi produsen. Kalau tidak, pihaknya khawatir justru masyarakat akan tergerus dalam arus MEA tersebut. (fat/jpnn)


JAKARTA – Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada akhir tahun ini mendapat respon dari politisi PAN, Tjatur Sapto Edy. Dia berharap,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News