Targetkan Penurunan Rasio Utang

Targetkan Penurunan Rasio Utang
Targetkan Penurunan Rasio Utang
JAKARTA -- Pemerintah menargetkan sampai dengan akhir 2010, rasio utang terhadap Product Domestic Bruto (PDB) menurun. Targetnya, rasio utang menjadi 27 persen, dari sebelumnya 28,3 persen.

Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementrian Keuangan Rahmat Waluyanto juga menyebutkan, perkiraan realisasi pembiayaan non utang 2010 lebih rendah Rp22 triliun. Hal ini disebabkan pengurangan penggunaan saldo anggaran lebih (SAL) dari target APBN-P 2010 yakni dari Rp39,3 triliun menjadi Rp17,3 triliun.

Rahmat Waluyanto mengatakan, pemerintah akan tetap mempertahankan alokasi utang berjangka panjang. Langkah tersebut dinilai lebih efesien dan efektif dapat mengurangi beban utang yang harus ditanggung pemerintah.

‘’Jadi sumber pembiayaan negara ini berasal dari utang dan non utang. Untuk utang kita akan melihat mana yang lebih efesien untuk dikurangi dan resikonya kecil,’’ kata Rahmat di Jakarta, Selasa (27/7).

JAKARTA -- Pemerintah menargetkan sampai dengan akhir 2010, rasio utang terhadap Product Domestic Bruto (PDB) menurun. Targetnya, rasio utang menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News