Tarif Telepon Tetap dan Seluler Tak Turun

Tarif Telepon Tetap dan Seluler Tak Turun
PANTAU TRAFIK : Untuk mengantisipasi lonjakan pengguna komunikasi di hari besar setiap operator seluler telah menyiapkan dan mengontrol jaringan. Tampak petugas Indosat Command Center (ICC) sedang memantau layar monitor jaringan sepanjang Tahun Baru di Jakarta. Pemerintah mengisyaratkan tarif telepon baik tetap maupun seluler tidak akan diturunkan karena operator kesulitan menekan biaya operasi. Foto : Toni Suhartono/INDO.POS
JAKARTA - Pemerintah mengisyaratkan bahwa tarif telepon, baik tetap maupun seluler, tahun ini tidak akan turun. Tarif tetap mengacu pada skema lama. Namun, pemerintah berjanji akan mendorong operator supaya meningkatkan pelayanan.

''Untuk pelanggan, percuma saja kalau tarif turun 20-40 persen, tapi successful call ratio-nya rendah. Tarif boleh murah, tapi kualitas layanan tetap harus dijamin,'' ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Muhammad Nuh.

Dia menegaskan, jika tarif tidak turun, pasti ada service lain yang akan ditawarkan operator. Selain itu, operator belum siap jika tarif turun lagi karena perlu banyak biaya untuk memperluas cakupan dan meningkatkan kapasitas jaringan.

Menurut Nuh, pemerintah mencoba memberikan solusi untuk menekan biaya operator telekomunikasi lewat penggunaan menara bersama. ''Kami harap, dengan infrastructure sharing tersebut, operator bisa menutupi penurunan tarif sejak pemberlakuan biaya interkoneksi baru,'' katanya.

JAKARTA - Pemerintah mengisyaratkan bahwa tarif telepon, baik tetap maupun seluler, tahun ini tidak akan turun. Tarif tetap mengacu pada skema lama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News