Tata Motors Mulai Uji Coba Teknologi Mobil Otonom

Tata Motors Mulai Uji Coba Teknologi Mobil Otonom
Tata Motors uji coba teknologi mobil otonom pada model Tata Hexa. Foto: Rushlane

jpnn.com - Kendaraan otonom dewasa ini memang menjadi wacana global yang disiapkan realisasinya oleh sebagian besar pabrikan otomotif dunia, tak terkecuali Tata Motors.

Diketahui, Tata Motors sedang menguji teknologi kendaraan swa-kemudi mereka pada model SUV Hexa. Pengujiannya sendiri dilakukan di failitas Tata Motors di Pusat Teknik Eropa. Demikian lansir Rushlane, Selasa (23/10).

Proyek kendaraan otonom tersebut sebagai bagian dari UK Autodrive Project yang didanai oleh Innovate UK, 15 mitra bekerja sama untuk mengeksplorasi teknologi mobil otonom, Connected, Electric and Shared (ACES). Proyek ini mengacu pada Tata Motors European Technical Centre (TMETC).

Chief Technology Officer Tata Motors Rajendra Petkar mengatakan, di Engineering Research Center (ERC), pihaknya secara aktif melakukan pekerjaan penelitian dan pengembangan pada Advanced Driver Assistance System (ADAS) serta full vehicle autonomy agar siap untuk kendaraan masa depan.

"Kemacetan jalan, polusi udara, dan keselamatan jalan adalah masalah akut di India. Kami cenderung merangkul teknologi ini dan tetap berada di garis terdepan dari perkembangan ini," ujarnya.

Dia melanjutkan, teknologi otonom akan menjadi pertimbangan untuk masa depan di India. Dengan dukungan tim yang berbakat di TMETC, uji coba yang dilakukan pada Hexa menghasilkan wawasam yang sangat berharga.

"Ke depannya, kami berencana untuk memperkenalkan sejumlah fungsi ADAS secara terstruktur & bertahap,” tambahnya.

Head of Propulsion TMETC David Hudson mengatakan, ini merupakan proyek yang menantang tetapi butuh pengujian teknologi supaya aman di jalan umum.

Mobil otonom dewasa ini memang menjadi wacana global yang disiapkan realisasinya oleh sebagian besar pabrikan otomotif dunia, tak terkecuali Tata Motors.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News