Taufiq Kiemas Sosok Pemersatu, Jasanya Sangat Banyak untuk Bangsa Ini

Taufiq Kiemas Sosok Pemersatu, Jasanya Sangat Banyak untuk Bangsa Ini
Wakil Ketua MPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah saat rangkaian peringatan hari kelahiran H.M. Taufiq Kiemas di Masjid At Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu (31/12). Foto: DPP PDIP.

jpnn.com - JAKARTA — Ketua Umum PP Bamusi Hamka Haq mengatakan bahwa mantan Ketua MPR Taufiq Kiemas banyak jasanya untuk negeri ini.

“Pak Taufiq Kiemas sangat besar jasanya bukan hanya untuk partainya, tetapi juga bangsa kita,” katanya.

Hamka menyampaikan itu dalam rangkaian peringatan hari kelahiran H.M. Taufiq Kiemas yang ditutup dengan khatam pembacaan Al-Qur’an, santutan kepada anak yatim piatu, tahlilan, dan mendengar testimoni dari mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, serta ceramah Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar di Masjid At Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu (31/12).

Turut hadir jajaran DPP PDIP, seperti Ahmad Basarah, Wiryanti Sukamdani, anggota DPR dan ratusan masyarakat.

Hamka Haq menceritakan apa pihaknya lakukan hari ini, yakni melakukan ziarah ke makam Fatmawati Soekarno dan Taufiq Kiemas, menjadi tradisi yang harus dirawat.

Menurutnya, menghormati pahlawan sudah sepatutnya dilakukan, terlebih kepada sosok Taufiq Kiemas yang jasanya besar untuk bangsa dan negara Indonesia ini.

Salah satu yang dilakukan almarhum adalah mampu merangkul semua kalangan hanya demi satu keinginan, yakni terus menjaga Indonesia dengan segala keberagamannya.

“Mampu merajut perbedaan menjadi jembatan kedua kutub yang berbeda. Mulai dari yang sifatnya sangat kanan hingga ke kiri-kirian, itu dirangkul,” ungkap Hamka.

Taufiq Kiemas merupakan sosok pemersatu yang jasanya sangat banyak untuk bangsa dan negara ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News