Tegang Jelang Laga Hidup Mati

Tegang Jelang Laga Hidup Mati
Kiper tim Jerman Jens Lehmann dalam training persiapan jelang laga melawan Austria. Foto: Reuters/Alex Grimm.

jpnn.com - WINA – Ketegangan melanda Jerman menjelang duel penentuan melawan Austria di Grup B Euro 2008 dini hari nanti WIB. Duel di Stadion Ernst Happel, Wina, itu menjadi pertaruhan reputasi Der Panzer. Jika sampai kalah lagi seperti melawan Kroasia (12/6), Michael Ballack dkk bakal mengulang kegagalan lolos dari fase grup di dua Euro sebelumnya (2000 dan 2004).

Jerman yang notabene jawara tiga kali Euro memang hanya butuh hasil seri untuk lolos ke perempat final melawan Portugal, 19 Juni nanti. Tapi, selain harus menghadapi tekanan eksternal, baik dari pertandingan maupun fans Austria yang notabene berstatus tuan rumah, kondisi internal Der Panzer dilanda ketegangan.

Kemarin (15/6), tim Jerman secara mendadak mengadakan pertemuan rahasia di markas timnya di Tenero, Swiss. Pertemuan itu jelas bukan merupakan program resmi dari pelatih Jerman Joachim Loew. Sebab, Loew tidak hadir dalam acara tersebut, melainkan khusus hanya bagi para punggawa Der Panzer.

Kapten tim Jerman Michael Ballack membenarkan hal itu setelah dicecar pertanyaan oleh sejumlah wartawan. Bintang Chelsea tersebut menuturkan, pertemuan itu sengaja dilakukan untuk mengevaluasi permainan mereka selama dua laga yang sudah dijalani dalam Euro 2008.

Singkat kata, rapat itu menjadi forum curhat para pemain. Diharapkan, tanpa adanya pelatih, setiap pemain tidak malu-malu mengeluarkan segala unek-unek. ’’Itu hanya pertemuan biasa. Tapi, manfaatnya dalam membangkitkan motivasi kami sangat besar,’’ ungkap Ballack sebagaimana dikutip Reuters.

Gelandang 31 tahun itu menuturkan, ide pertemuan muncul spontan dari dirinya usai kekalahan menyakitkan 1-2 dari Kroasia, 12 Juni lalu. Sebagai leader tim, Ballack ingin mengetahui sejauh mana kondisi mental rekan-rekannya pasca kekalahan itu dan menyonsong laga melawan Austria.

’’Dalam sebuah tim, komunikasi kepada semua pemain sangat diperlukan,’’ jelas pemain ber-caps 83 dan telah menyumbang 36 gol bagi negerinya tersebut.

Sedikit membongkar acara itu, Ballack mengaku ada saling lempar kritik antarpemain. Dia menilai kondisi tersebut sangat bagus. ’’Selama kritik itu konstruktif, tak masalah. Justru itu akan membantu pemain belajar dari kesalahan,’’ kata mantan pemain Bayern Munchen dan Bayer Leverkusen tersebut.

WINA – Ketegangan melanda Jerman menjelang duel penentuan melawan Austria di Grup B Euro 2008 dini hari nanti WIB. Duel di Stadion Ernst Happel,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News