Gol Dianulir, Toni Kritik Wasit

Gol Dianulir, Toni Kritik Wasit
Gol Dianulir, Toni Kritik Wasit
Luca Toni datang ke Euro 2008 dengan status sebagai topscorer Bundesliga, tapi nyatanya dia tidak mampu berbuat banyak untuk Italia. Dalam dua partai di Grup C, melawan Belanda dan Rumania, tidak ada satu gol pun yang mampu dijaringkan striker Bayern Munchen itu.

     Begitu mencetak mencetak gol ketika melawan Rumania, justru dianulir wasit asal Norwegia Tom Ovrebo dengan alasan offside. Tak heran, Toni langsung uring-uringan dengan keputusan wasit kelahiran 26 Juni 1966 itu. Lontaran kritik pun langsung meluncur dari mulutnya.

     Apalagi, Ovrebo bukan hanya menganulir gol yang dijaringkan Toni, tapi juga memberikan hadiah penalti kepada Rumania. ”Keputusan wasit itu bisa mempengaruhi akhir dari pertandingan, terutama gol yang dianulir,” keluh Toni seperti dilansir Goal.

     ”Kalau kami memimpin di paro pertama pertandingan, maka pertandingan itu dipastikan bakal berjalan berbeda,” lanjut striker bertinggi badan 196 cm tersebut.

     Menurut dia, wasit juga enggan memberikan alasan yang jelas saat memberikan hadiah penalti kepada Rumania. Beruntung, eksekusi penalti yang dilakukan Adrian Mutu mampu ditepis kiper Italia Gianluigi Buffon dan selamatlah Italia dari kekalahan.

     Keputusan wasit memberikan penalti jelang akhir pertandingan, terjadi setelah bek Italia Christian Panucci terlihat menarik gelandang Rumania Nicolae Dica di zona penalti. Protes pun sempat dilancarkan para punggawa Italia, tapi tidak digubris Ovrebo.

     Ketika melawan Rumania, penampilan Italia jauh lebih baik dibandingkan pertandingan pertama saat dihajar Belanda tiga gol tanpa balas. Perubahan komposisi pemain, membuat daya serang Gli Azzurri – julukan Italia – lebih tajam dan variatif. Tapi, penyelesaian akhir tetap buruk.

     ”Sebenarnya, kami bermain lebih baik daripada Rumania. Hanya saja, keberuntungan tidak berpihak kepada kami,” kilah Toni.

Luca Toni datang ke Euro 2008 dengan status sebagai topscorer Bundesliga, tapi nyatanya dia tidak mampu berbuat banyak untuk Italia. Dalam dua partai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News