Khawatir Belanda Main Mata

Khawatir Belanda Main Mata
Khawatir Belanda Main Mata
TIKET perempat final sudah dikantongi Marco van Basten dan pasukannya. Belanda juga sudah memastikan statusnya sebagai penguasa grup C yang disebut-sebut sebagai grup neraka. Nah, karena posisi Belanda yang di atas angin itulah, muncul skenario bahwa Oranje –julukan Timnas Belanda– bakal melepas partai terakhir lawan Rumania.  Van Basten mungkin bakal menyimpan sederet pemain kunci yang tampil di dua laga terakhir.  

     Dugaan bahwa Belanda akan tampil ala kadarnya di partai terakhir  juga disampaikan Raymond Domenech. Untuk bisa lolos, Prancis tak hanya dituntut menang lawan Italia. Tapi, mereka pun mengharapkan ”bantuan” Belanda bisa mengalahkan Rumania. Karena itu, Domenech cemas seandainya Belanda tampil tak serius. 

     ”Kami masih berharap banyak, tapi dengan kondisi sekarang, sepertinya, Belanda akan menyimpan pemain terbaiknya pada laga lawan Rumania nanti,” tutur Domenech seperti dikutip Reuters. ”Saya sangsi bahwa Belanda bakal tampil habis-habisan pada laga itu,” sambungnya.

     Domenech berharap, UEFA bisa bersikap lebih tegas jika dirasa ada kejanggalan saat Belanda menghadapi Rumania di laga terakhir grup C.  Namun, harapan Domenech bertepuk sebelah tangan. Sebab, UEFA tak bisa melakukan intervensi soal strategi tim dalam menghadapi sebuah pertandingan. 

     ”Masuk akal jika Van Basten akan menurunkan tim lapis dua. Itu sah-sah saja,” tegas Direktur Komunikasi UEFA William Gaillard. ”Mereka (Belanda) punya 23 pemain dan sangat memungkinkan untuk melakukan rotasi. Itu adalah hal yang lazim dalam sebuah turnamen,” sambungnya.

     Menurut Gaillard, bila Prancis dan Italia di posisi serupa, pasti mereka juga akan memilih bermain aman. Tujuannya, mereka bisa tampil lebih fresh di babak knockout. ”Pada 2004, Republik Ceko melawan Jerman ketika mereka sudah pasti lolos ke perempat final dan mereka menang. Ini sudah sangat sering terjadi. Jadi, tak ada yang perlu dipersoalkan,” timpalnya. 

     Kecemasan Domenech berkurang setelah Van Basten menyatakan bahwa Belanda tetap tampil serius. ”Hasil pertandingan terakhir, yakni melawan Rumania, memang tidak terlalu penting. Tapi, kami bakal mencoba mencetak gol dan melihat apa yang terjadi,” tegas Van Basten seperti dikutip Goal. (zul)
Berita Selanjutnya:
Gol Villa Loloskan Spanyol

TIKET perempat final sudah dikantongi Marco van Basten dan pasukannya. Belanda juga sudah memastikan statusnya sebagai penguasa grup C yang disebut-sebut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News