Tegas, Bu Risma Minta Pemda Lain Belajar dari Papua soal Data Bansos

Tegas, Bu Risma Minta Pemda Lain Belajar dari Papua soal Data Bansos
Mensos Tri Rismaharini alias Bu Risma. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan peran pemerintah dalam perbaikan data penerima bantuan sosial bisa mempercepat penyaluran bansos tersebut. 

Sejak menggantikan Juliari Batubara sebagai Menteri Sosial, Risma mengaku sudah meminta pemerintah daerah untuk memperbaiki data tersebut. 

"Jadi ada kurang lebih 14 juta data yang dibetulkan oleh daerah. Ada yang daerah aktif, ada yang tidak aktif," kata Risma, di Kemensos, Selasa (3/8) 

Dia menjelaskan dasar dari pengembalian data tersebut ialah Undang-undang Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Penanganan Fakir miskin. 

"Bahwa data tentang fakir miskin itu berasal dari daerah, jadi saya kembalikan sesuai dengan UU Nomor 13 Tahun 2011," jelasnya. 

Risma pun meminta pemda lain mencontoh salah satu kabupaten di Papua yang perbaikan datanya dan mengusulkan penerima yang baru. 

"Jangan dikira Papua jauh di sana tidak memperbaiki, ada satu daerah yang kabupatennya sudah memperbaiki data 100 persen," ungkapnya. 

Dia juga menjelaskan setelah diperbaiki dan pengusulan data baru, penerima bansos di Papua meningkat. 

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebutkan pemerintah daerah yang memperbaiki data penerima bansos bisa mengusulkan data baru seperti satu kabupaten di Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News