Tegaskan Jateng tak Perlu Terima Beras Impor, Ganjar: Kemarin ada yang Protes

Tegaskan Jateng tak Perlu Terima Beras Impor, Ganjar: Kemarin ada yang Protes
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kemeja putih) bersama para petani. Foto dok Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan Provinsi Jateng tak perlu menerima beras impor dari pusat.

Pasalnya, Ganjar menyebut produksi padi Jateng merupakan salah satu yang paling besar di Indonesia.

Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS), produksi padi dan beras Jateng merupakan yang terbesar ke-2 di Indonesia pada 2022. Produksi padi Jateng mencapai 9,7 juta ton, beras 5,5 juta ton, serta luas panen 1,7 juta hektare.

Ganjar menjelaskan, Jateng memiliki lumbung beras besar yang berada di Kabupaten Sragen dengan luas panen 131,9 ribu hektare dan 805,8 ribu ton produksi gabah kering giling (GKG).

"Sampai hari ini (stok beras) masih (aman). Beras kami juga piknik, pergi ke mana-mana karena kami penghasil yang cukup tinggi," ujar Ganjar di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Senin (26/12).

Oleh karena itu, Ganjar meminta pemerintah pusat tidak perlu memberikan beras impor ke Jateng. Pemerintah pusat sendiri sudah memutuskan untuk memperkuat stok cadangan beras pemerintah (CBP) yang ditargetkan sebanyak 1,2 juta ton pada akhir 2022.

"Maka kemarin ada yang protes, mudah-mudahan sih BULOG akan bisa mengendalikan, Badan Pangan Nasional juga mengendalikan, Kementerian Perdagangan (Mendag) mengendalikan, Jawa Tengah enggak perlu (impor beras) jangan sampai masuk," kata Ganjar.

"Kemarin Sragen yang menyampaikan ke saya jangan masuk. Terus para pedagangnya protes, kan yang di Sragen juga lumbung. Maka betul-betul, tolong ditahan. Bisa dimasukkan ke daerah-daerah yang lebih membutuhkan," sambungnya.

Ganjar bilang ketika petani menanam, pertimbangkanlah jeri payah mereka. Jangan sampai nanti beras impornya masuk, petani pas panen harganya jatuh lagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News