Tekan Kehamilan, Layani KB Sistem Case Mix

Tekan Kehamilan, Layani KB Sistem Case Mix
Tekan Kehamilan, Layani KB Sistem Case Mix
PALEMBANG - Angka kelahiran di Sumatera Selatan terbilang sangat tinggi. Tercatat, ada 53 ribu ibu hamil pertahun. Sedangkan yang melahirkan sekitar 5.700 per bulan. Untuk menekan jumlah tersebut, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Selatan meminta seluruh rumah sakit di Sumatera Selatan dapat memfasilitasi kemudahan ibu-ibu dalam ber-KB lewat pelayanan Case Mix INA DRG (Indonesia Diagnosis Related Group). 

   

"Menariknya, belum semua ibu melahirkan terlindungi oleh program KB. Masih banyak yang hamil dalam masa menyusui (di bawah 2 tahun)," tegas Dr Muhammad Tri Tjahjadi MPH, Kepala BKKBN Sumsel kepada Sumatera Ekspres (JPNN), Minggu (13/6).

Padahal, tambah dia, baik bidan maupun dokter praktik swasta bisa menyarankan mereka menggunakan alat kontrasepsi non hormonal (IUD) di masa menyusui. "Produksi asi tidak terganggu," tukasnya.

Hanya, kata Tri, pihaknya perlu meningkatkan koordinasi dengan RS. Sebab, terungkap ada sejumlah RS yang mengeluh kekurangan stok alkon. "Minimal tiga bulan harusnya stok itu, ada di RS. Alkon banyak di gudang kita, tinggal koordinasi saja."

PALEMBANG - Angka kelahiran di Sumatera Selatan terbilang sangat tinggi. Tercatat, ada 53 ribu ibu hamil pertahun. Sedangkan yang melahirkan sekitar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News