JPNN.com

Teknologi Baru Bisa Tunda Menopouse 20 Tahun Lebih Lama

Kamis, 08 Agustus 2019 – 20:00 WIB Teknologi Baru Bisa Tunda Menopouse 20 Tahun Lebih Lama - JPNN.com
Teknologi Baru Bisa Tunda Menopouse 20 Tahun Lebih Lama

Sebuah perusahaan di Inggris menawarkan kepada para perempuan prosedur yang, konon, bisa menunda menopause hingga 20 tahun dan memungkinkan perempuan untuk menunda memiliki bayi.

Tapi jangan terlalu bersemangat. Biaya dan risikonya cenderung lebih besar daripada manfaat potensialnya. Belum lagi, ada begitu banyak yang belum kita ketahui tentang prosesnya.

Apa sih prosedur ini?

Cryopreservasi jaringan ovarium adalah istilah teknis untuk prosedur di mana sejumlah kecil jaringan ovarium dikumpulkan, melalui operasi kecil seperti laparoskopi, lalu dipotong menjadi irisan kecil dan kemudian dibekukan dan disimpan.

Bertahun-tahun kemudian, irisan jaringan ini bisa dicairkan dan ditransplantasikan kembali ke dalam tubuh perempuan dengan harapan mereka akan mulai memproduksi hormon dan melepaskan telur.

Pembekuan jaringan ovarium bukanlah hal baru. Telah digunakan selama bertahun-tahun untuk membantu perempuan muda yang menghadapi kemoterapi, menjaga kesuburan dan memungkinkan mereka untuk memiliki anak jika dan ketika mereka pulih dari kanker mereka.

Tergantung pada jenis kanker dan perawatannya, kesuburan perempuan bisa pulih, tetapi bisa juga rusak sementara atau permanen.

Ketika prosedur ini pertama kali dilakukan pada perempuan, tak diketahui apakah jaringan ini bekerja saat transplantasi.

Tetapi sebuah penelitian pada tahun 2017 melaporkan bahwa sementara prosedurnya masih eksperimental, setidaknya 80 bayi telah lahir setelah transplantasi jaringan ovarium yang dicairkan.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...