Teknologi MBG Temuan UGM Tuai Apresiasi

Teknologi MBG Temuan UGM Tuai Apresiasi
Ketua Umum HKTI Moeldoko di tempat budi daya ikan air tawar di Yogyakarta. Foto: Ist

jpnn.com, YOGYAKARTA - Ketua umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menghadiri panen ikan yang menggunakan teknologi micro bubble generator (MBG) karya mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM).

Moeldoko mengaku bangga mahasiswa Indonesia makin aplikatif dengan kepentingan petani.

"Ini ada MBG generator karya mahasiswa UGM yang mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas ikan budi daya air tawar. Penemuan ini menjawab hal utama bagaimana manfaatnya bagi petani secara langsung," ujar Moeldoko didampingi Rektor UGM, Panut Mulyono dan akademika UGM pada syukuran panen ikan Nila Merah kelompok tani Mina Ngeromboko, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (20/1).

Menurut Moeldoko, jika teknologi aplikatif ini terus dikembangkan, maka tingkat kesejahteraan petani bisa meningkat.

Dia mengatakan, proses pertanian rakyat, terutama budi daya ikan air tawar di Yogyakarta yang terbatas lahannya, membutuhkan terobosan agar bisa diterima dalam skala industri.

Teknologi MBG merupakan pembuatan gelembung udara mikro dengan generator kecil. Gelembung ini yang memperkaya oksigen dalam air.

"Teknologi tepat guna ini murah dan telah diuji coba di pertanian air tawar," sambung mantan Panglima TNI ini.

Selain itu, MBG juga bisa menghasilkan panen lebih dari tiga kali setahun. Dari tiga kali panen menjadi empat kali panen. Penggunaan listriknya hemat untuk memutar kincir.

Teknologi micro bubble generator karya mahasiswa Universitas Gajah Mada membantu kualitas budi daya ikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News