Teleskop Fermi Petakan Kosmos Paling Ekstrim di Alam Semesta

Teleskop Fermi Petakan Kosmos Paling Ekstrim di Alam Semesta
Teleskop Fermi Petakan Kosmos Paling Ekstrim di Alam Semesta
PASADENA -- Teleskop Fermi Large (LAT) milik Badan Ruang Angkasa NASA, berhasil memperbarui katalog lingkungan paling ekstrim di alam semesta. Katalog baru yang diposting pada server arXiv, berisi daftar sumber energi ledakan sinar gamma berenergi tertinggi yang belum pernah dilihat selama ini dengan  kisaran energi di atas 10 gigaelectronvolts . Katalog ini akan diterbitkan dalam Astrophysical Journal.

Menurut laman BBC (1/7), sekitar 65 dari 514 obyek merupakan "unassociated" atau berasal dari sumber yang belum dikategorikan dan menjadi obyek astronomi benar-benar baru.

Temuan itu, akan membantu ilmuwan tentang sumber lain dari radiasi elektromagnetik - seperti cahaya tampak, atau gelombang radio, termasuk pancaran sinar X yang juga memiliki pancaran lebih tinggi dari energi sinar gamma.

Teleskop LAT sendiri mengumpulkan sinar gamma dari seluruh kosmos setiap tiga jam. Katalog sebelumnya berisi ribuan emitter sinar gamma dalam kosmos yang jauh, seperti objek blazars dan inti galaksi aktif.  Termasuk lubang hitam yang tengah "memakan" obyek didekatnya di pusat galaksi atau pulsar, dan bintang neutron.

PASADENA -- Teleskop Fermi Large (LAT) milik Badan Ruang Angkasa NASA, berhasil memperbarui katalog lingkungan paling ekstrim di alam semesta. Katalog

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News