Teleskop Inframerah Spitzer Ultah ke-10

Teleskop Inframerah Spitzer Ultah ke-10
Teleskop Inframerah Spitzer Ultah ke-10

jpnn.com - PASADENA - Teleskop inframerah milik NASA, Spitzer Space Telescope merayakan ulang tahun ke-10 nya dalam mendukung penelitian ilmiah tentang astronomi dan semesta. Sejak diluncurkan pada 25 Agustus 2003, observatorium inframerah ini telah mempelajari berbagai komet dan asteroid, analisa planet dan galaksi, penghitungan bintang dan bahkan menemukan keberadaan bola karbon yang dikenal sebagai "Bucky Ball" berbentuk padat dalam ruang untuk pertama kalinya.

"Spitzer terus mengeksplorasi kosmos dekat dan jauh," ujar John Grunsfeld, pejabat dari badan antariksa NASA seperti dilansir redorbit.

Sebagai catatan, pada musim panas ini saja, Spitzer telah membantu ilmuwan menemukan sistem bintang muda yang berisi tiga bintang berkembang yang bekerja sama satu sama lain layaknya hula hoop. Spitzer juga sukses mengamati emisi karbon dioksida yang kuat dari Comet Ison yang tengah melalui tata surya bagian dalam pada tahun ini.

Selain itu, kemampuan inframerah Spitzer juga memungkinkan menganalisa komet dikenal sebagai Tempel 1. Teleskop ini juga mengejutkan komunitas ilmiah global dengan menemukan cincin-cincin planet Saturnus.

"Spitzer juga menemukan galaksi paling jauh di alam semesta," lanjutnya.

Teleskop tersebut awalnya dikenal sebagai Space Infrared Telescope Facility, dan dikenal lebih dekat dengan Spitzer untuk menghormati astronom Lyman Spitzer. Spitzer adalah seorang astrofisikawan yang berkontribusi besar di bidang dinamika bintang, fisika plasma, fusi termonuklir, dan astronomi ruang semesta. Ia juga orang pertama yang mengusulkan gagasan menempatkan teleskop besar di ruang angkasa, dan merupakan kekuatan pendorong di belakang pengembangan Hubble Space Telescope. (esy/jpnn)


PASADENA - Teleskop inframerah milik NASA, Spitzer Space Telescope merayakan ulang tahun ke-10 nya dalam mendukung penelitian ilmiah tentang astronomi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News