Teleskop NASA Abadikan Ledakan Matahari Terdahsyat

Teleskop NASA Abadikan Ledakan Matahari Terdahsyat
Gambar ledakan matahari yang berhasil direkam NASA. Foto: Foxnews
PASADENA - Sebuah erupsi terbesar yang meledak di permukaan matahari berhasil diabadikan Fermi Gamma-ray Space Telescope milik Badan Antariksa Amerika Serikat - NASA. Menurut ilmuwan, letusan ini mengeluarkan cahaya energi tertinggi yang pernah terlihat  selama lima tahun terakhir.

Peristiwa yang terjadi pada 7 Maret tersebut juga mengirimkan miliaran ton material matahari ke bumi. Para Ilmuwan menyebut materi ini sebagai ejeksi massa korona. Dalam siklusnya matahari memiliki siklus 11 tahunan dalam aktivitas mengacaukan gelombang elektromagnetik. Aktivitas ini ditandai dengan munculnya bintik matahari di permukaan yang sangat intens.

NASA Fermi Gamma-ray Space Telescope melihat pulsa yang luar biasa tahan lama sinar gamma -bentuk cahaya dengan energi lebih besar dari X-ray- yang dihasilkan oleh pembakaran.

"Pada puncaknya erupsi tersebut, sinar gamma yang dipancarkan dari matahari adalah 2 miliar kali lebih kuat daripada cahaya tampak. Sehingga memecahkan rekor flare matahari sebelumnya," kata para peneliti, seperti dilansir Foxnews, pekan lalu.

Selain intensitas emisi sinar gamma, para astronom dikejutkan dengan ledakan yang panjang. Erupsi matahari tersebut berhasil diamati Fermi Telescope (LAT) yang memancarkan energi tinggi sinar gamma selama kurang lebih 20 jam atau 2,5 kali lebih lama dari setiap peristiwa yang pernah tercatat.

PASADENA - Sebuah erupsi terbesar yang meledak di permukaan matahari berhasil diabadikan Fermi Gamma-ray Space Telescope milik Badan Antariksa Amerika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News