Telkomsel Berkolaborasi dengan PT PPA, Terapkan Layanan Private Network Terintegrasi di Indonesia

Telkomsel Berkolaborasi dengan PT PPA, Terapkan Layanan Private Network Terintegrasi di Indonesia
Telkomsel menjalin kolaborasi strategis dengan PT Putra Perkasa Abadi (PPA) dalam penerapan layanan private network yang pertama di Indonesia, guna mengakselerasikan solusi Smart Mining yang dapat mendukung operasional industri pertambangan Indonesia. (ANTARA/HO-Telkomsel)

jpnn.com - JAKARTA - Telkomsel, anak perusahaan Telkom Indonesia, berkolaborasi dengan perusahaan kontraktor pertambangan, PT Putra Perkasa Abadi (PPA), menghadirkan penerapan layanan private network terintegrasi di Indonesia.

Upaya tersebut dilakukan guna mengakselerasikan solusi Smart Mining yang dapat mendukung operasional industri pertambangan Indonesia yang lebih aman, terkoneksi, dan terintegrasi.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan inisiatif tersebut merupakan bagian dari langkah nyata Telkomsel dalam mendukung peta jalan pemerintah untuk memperkuat kapabilitas digital di sektor pertambangan, sebagai salah satu fondasi mendukung Indonesia menuju Revolusi Industri 4.0.

Dalam kerja sama ini, kata Nugroho, Telkomsel berkesempatan melanjutkan inovasi untuk memperluas pemanfaatan teknologi dengan menghadirkan solusi berbasis digital, yakni melalui penerapan layanan private network dalam mendukung setiap aktivitas pertambangan PT PPA agar lebih efisien, efektif, dan aman.

“Sehingga berdampak pada peningkatan produktivitas perusahaan," kata Nugroho sebagaimana tertulis dalam keterangan resmi yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa (7/2).

Telkomsel akan mengimplementasikan solusi Smart Mining dari Telkomsel Enterprise, yang meliputi penyediaan private network, Infrastructure as a Service (IaaS) untuk menjangkau seluruh site yang dimiliki PT PPA, dan fuel monitoring, yang seluruhnya telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi operasional perusahaan tersebut.

Private network Telkomsel memungkinkan PT PPA memiliki konektivitas dengan tingkat reliabilitas dan keamanan tinggi, serta latensi jaringan rendah di bawah 50 milisecond (ms) yang mampu mendukung proses otomasi di setiap aktivitas pertambangan, maupun operasional perusahaan dengan mudah.

Ketersediaan latensi rendah juga akan mendukung proses monitor aktivitas secara lebih real-time, yang mana semua data dapat diintegrasikan untuk menciptakan proses kerja yang lebih aman.

Telkomsel berkolaborasi dengan perusahaan kontraktor pertambangan, PT PPA, menghadirkan penerapan layanan private network terintegrasi di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News