Telur Hitam dari Jepang Ini Diyakini Bisa Bikin Umur Panjang

Telur Hitam dari Jepang Ini Diyakini Bisa Bikin Umur Panjang
Kuro tamago alias telur hitam yang dijajakn di gera-gerai destinasi wisata kawah aktif Owakudani, Hakone, Sabtu (11/3). Foto: ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu

jpnn.com, HAKONE - Kuro tamago adalah kuliner khas wisata kawah aktif Owakudani di kawasan Hakone, yang konon diyakini dapat memperpanjang usia hingga tujuh tahun.

Salah satu pengunjung asal Yamato, Prefektur Kanagawa, Shinohara, saat ditemui di kawasan wisata itu, Hakone, Sabtu, mengaku tidak mengetahui kepercayaan yang diyakini oleh penduduk setempat pada dahulu kala itu.

“Saya membeli ini karena telur ini sudah terkenal di wisata Owakudani dan rasanya juga enak. Kalau tentang kepercayaan itu, jujur saya kurang mengetahuinya,” katanya.

Kuro tamago merupakan Bahasa Jepang yang secara harfiah berarti telur hitam. Kuro artinya hitam, sementara tamago bermakna telur.

Kuro tamago merupakan telur ayam pada umumnya yang direbus di mata air panas alami. Meskipun kulitnya hitam seperti arang, telurnya tetap berwarna putih dan kuning.

Warna hitam dihasilkan melalui reaksi kimia dengan panas bumi dan gas vulkanik. Unsur besi yang merupakan bahan dari mata air panas melekat pada cangkang.

Warna hitam besi sulfida merupakan hasil reaksi dengan hidrogen sulfida dan menghasilkan telur rebus dengan cangkang hitam.

Telur tersebut sedikit berbau belerang, tetapi aman untuk dikonsumsi. Konon dengan memakan telur itu, maka bisa memanjangkan umur hingga tujuh tahun.

Kuro tamago merupakan Bahasa Jepang yang secara harfiah berarti telur hitam. Kuro artinya hitam, sementara tamago bermakna telur.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News