Tema Saling Tolong dan Award untuk JK di Milad Muhammadiyah

Tema Saling Tolong dan Award untuk JK di Milad Muhammadiyah
Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam acara Peringatan Milad ke-106 Muhammadiyah di Solo, Minggu (18/11) malam. Foto: Damianus Bram/Radar Solo/JPG

jpnn.com, SOLO - Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah memberi perhatian serius pada berbagai musibah yang terjadi di Tanah Air belakangan ini. Berbagai bencana itulah yang mendorong Muhammadiyah mengusung tema Ta’awun untuk Negeri pada peringatan ulang tahunnya yang ke-106.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyatakan, tema Ta’awun untuk Negeri merupakan sebuah seruan untuk mengajak setiap masyarakat agar lebih peduli terhadap sesama. Menurutnya, hal itu sesuai dengan nilai dasar Muhammadiyah yang selalu mengedepankan kemajuan bangsa dan negara, serta terus berupaya menggelorakan semangat tolong-menolong dan kerja sama.

“Pada milad ke-106 ini kami mengajak seluruh masyarakat untuk mengendepankan sifat ta’awun (tolong-menolong, red) kepada sesama agar Indonesia menjadi negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” kata Haedar dalam peringatan milad ke-106 Muhammadiyah di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (18/11) malam.

Lebih lanjut Haedar di hadapan 5.000 kader Muhammadiyah dan tamu undangan termasuk Wakil Presiden Jusuf Kalla berpesan tentang pentingnya peduli terhadap fenomena yang ada di dalam negeri, khususnya dalam hal kebencanaan. Oleh karena itu, Haedar mengimbau warga Muhammadiyah untuk terus menggelorakan semangat tolong-menolong dan kerja sama di masyarakat.

“Sejak terbentuk 18 November 1912 silam, Muhammadiyah selalu bergerak dalam konteks keumatan, kebangsaan dan kemanusiaan dengan membawa nilai-nilai Islam. Oleh karena itu, praksis sosial Islam yang diusung Muhammadiyah menggunakan alam pikiran Islam berkemajuan dengan pranata sosial yang modern,” jelas dia.

Haedar menambahkan, spirit ta’awun juga harus menjadi pedoman umat dalam melihat perbedaan pandangan politik. “Kita harus bisa memaknai spirit Islam Indonesia dan Indonesia Islam. Meski berbeda pandangan politik kita harus tetap bersaudara agar tidak merugikan sesama,” terang dia.

Pada kesempatan itu, Muhammadiyah juga memberikan penghargaan kepada Jusuf Kalla. Ada Muhammadiyah Award untuk tokoh asal Sulawesi Selatan yang kini memimpin Palang Merah Indonesia (PMI) itu.

“Penghargaan kepada Jusuf Kalla merupakan tanda terima kasih seluruh warga Muhammadiyah karena aksi kemanusiaan dalam meredakan sebuah konflik yang terjadi di Indonesia. Selain itu pengaruhnya terhadap pembangunan Muhammadiyah hingga sebesar sekarang adalah bentuk kami memberi apresiasi terhadap beliau,” jelas Haedar.

Muhammadiyah memberi perhatian serius pada berbagai musibah yang terjadi belakangan ini dengan mengusung tema 'Taawun untuk Negeri' pada perayaan miladnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News