Tembus 4 Besar IBL, Hangtuah Akhiri Kutukan

Tembus 4 Besar IBL, Hangtuah Akhiri Kutukan
Pemain Garuda Bandung Raymond Shariputra (#22) mencoba menghalangi Nahson Christopher George (Hangtuah Sumsel) pada laga lanjutan Babak I Playoff Divis Merah di C-Tra Arena Bandung. Foto: IBL for indopos

jpnn.com, BANDUNG - Hangtuah Sumsel mengakhiri kutukan di liga bola basket Tanah Air. Untuk kali pertama, mereka berhasil masuk empat besar Indonesian Basketball League (IBL) 2017/2018.

Takdir gelap tersebut terhapus setelah Hangtuah menang 64-59 atas tuan rumah Garuda Bandung pada game ketiga Babak I Playoff Divisi Merah di GOR C-Tra Arena, Bandung, Rabu (7/3).

Dengan kemenangan ini, Hangtuah unggul agregat 2-1 pada kompetisi playoff berformat best-of-three dan berhak melaju menghadapi Satria Muda Jakarta di Final Playoff Divisi Merah.

Pelatih Hangtuah Andika Saputra mengapresiasi kerja keras anak-anak latihnya. Mengadapi Satria Muda, Andika mengaku akan menyiapkan strategi khusus untuk lolos sebagai wakil Divisi Merah.

"Terima kasih, Tuhan. Anak-anak mengawali lambat mungkin over confidence melawan Garuda tanpa Flemings. Game kedua saya tanya mereka soal pertandingan, apakah mereka mau mau menang? Untuk lawan SM di semifinal kami akan putar otak dan strategi," ujar Andika dalam keterangan persnya.

Kemenangan ini layak diapresiasi. Bagaimana tidak, Hangtuah telat panas pada awal pertandingan. Pertahanan mereka tak kuat menahan agresivitas Garuda di kuarter pertama. Alhasil, tuan rumah menutup keunggulan 18-3.

Memasuki kuarter kedua, permainan Hangtuah berubah. Agresivitas legiun asing Nahson Christopher George dan Keenan Thomas Palmore membuat pemain Garuda kewalahan. Hangtuah mampu membalikan kedudukan dan menutup kuarter dua dengan keunggulan 27-22.

Konsistensi ini mereka pertahankan pada kuarter selanjutnya. Pemain asing Garuda Gary Jacobs mencoba mengejar ketertinggalan. Tak jarang ia menghalau bola Hangtuah hingga skor tipis 40-41 pada menit 10 sebelum kuarter ketiga usai. Namun, Hangtuah menjaga momentum dan memperpanjang keunggulan 44-40.

Hangtuah Sumsel mengakhiri kutukan di liga bola basket Tanah Air. Untuk kali pertama, mereka berhasil masuk empat besar Indonesian Basketball League (IBL)

Sumber Indopos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News