Temui Eks Anak Jalanan Pengelola Kafe Kopi, Bu Risma: Yakinlah Allah Itu Mahasegalanya

Temui Eks Anak Jalanan Pengelola Kafe Kopi, Bu Risma: Yakinlah Allah Itu Mahasegalanya
Menteri Sosial Tri Rismaharini. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, MOJOKERTO - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mendatangi Desa Banjaragung di Mojokerto, Jawa Timur guna meresmikan kafe yang dikelola mantan anak jalanan, Jumat (5/2).

Menurut Risma, kafe bernama Millenial Koffie itu dikelola mantan anak jalanan yang telah memperoleh pelatihan Kementerian Sosial (Kemensos).

"Mereka yang mengelola kafe ini adalah mantan anak jalanan yang sudah mendapatkan pelatihan pengelolaan kafe," katanya saat peresmian Millenial Koffie.

Risma menuturkan, sebelumnya ada lima anak jalanan yang mengikuti pelatihan wirausaha. Dua di antaranya memilih mengelola Millenial Koffie, sedangkan tiga lainnya membuka usaha kerajinan sepatu.

"Dari lima orang itu, dua memilih membuat kafe dan tiga orang lainnya memilih untuk membuat kerajinan sepatu. Untuk pembuatan sepatu juga sudah kami latih dan belajar ke sentra industri sepatu di Cibaduyut, Bandung," ujar Risma.

Mantan Wali Kota Surabaya itu mengharapkan pelatihan tersebut akan memberdayakan anak-anak jalanan untuk mau berusaha dan mandiri. Risma juga menyemangati anak-anak jalanan yang telah memilih berwirausaha itu.

"Kalau ada masalah hadapi. Yakinlah Allah itu mahasegalanya, bisa mengatur semuanya. Tidak ada yang tidak mungkin," ujarnya.

Risma menambahkan, upaya mengajak anak-anak jalanan berusaha memang bukan hal mudah. Namun, dia mengaku optimistis bahwa anak-anak jalanan bisa diajak hidup lebih baik.

Menurut Mensos Risma, upaya mengajak anak-anak jalanan berusaha memang bukan hal mudah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News