Temui Induak Bako, Mbak Puan Makan Bajamba di Rumah Gadang

Temui Induak Bako, Mbak Puan Makan Bajamba di Rumah Gadang
Menko PMK Puan Maharani mengunjungi induak bakonya di Ranah Minang. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, TANAH DATAR - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengunjungi rumah gadang Datuak Kayo di Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (27/9) siang.

"Kunjungan ke Ranah Minang adalah untuk mempererat persaudaraan dan manjalang induak bako (saudara perempuan bapak)," ucap Menko Puan.

Sebelum memasuki rumah gadang, Menko PMK dipasangkan selendang songket atau sulaman, selanjutnya diundang mencicipi makan bajamba bersama Datuak Kayo dan keluarganya.

Makan bajamba adalah tradisi makan yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau, dengan cara duduk bersama-sama dalam satu ruangan atau tempat yang telah ditentukan. Tradisi makan bersama ini akan memunculkan rasa kebersamaan tanpa melihat perbedaan status sosial.

Dalam perbincangan jamuan makan, Mbak Puan mengungkapkan, buat dia, Sumatera Barat bukanlah suatu hal yang asing. Ayahnya, almarhum Taufik Kiemas memiliki keturunan sikumbang di Tanah Datar dari garis ibu, sehingga bergelar Datuk Basa Batuah.

Sedangkan ibunya, Megawati Soekarnoputri diberi gelar Puti Reno Nilam, yang dikukuhkan pada tahun 2003. "Datang ke Ranah Minang bagi kami adalah pulang ke kampung halaman," tutur Puan.

Setelah jamuan makan, Menko PMK menyalurkan sejumlah bantuan berupa uang sebesar Rp 10 juta untuk Rumah Gadang Datuk Basa Batuah, bantuan uang sebesar 25 juta untuk masjid Al Azhar yang terletak di sekitar rumah gadang Datuak Kayo.

Turut hadir dalam kesempatan ini Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi, anggota DPR RI, serta Keluarga Besar Datuak Kayo. (adk/jpnn)

Sebelum memasuki rumah gadang, Menko PMK dipasangkan selendang songket.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News