Temui Petani di Batang, Marwan Serukan Reforma Agraria

Temui Petani di Batang, Marwan Serukan Reforma Agraria
Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jafar saat menemui para petani di Omah Tani, Batang, Jawa Tengah, Minggu (21/5). Foto: dokumentasi pribadi

jpnn.com, BATANG - Ketua Lajnah Pemenangan Pemilu (LPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jafar semakin sering menyambangi berbagai kalangan di Jawa Tengah. Mantan menteri desa itu memang digadang-gadang oleh partainya untuk maju sebagai calon gubernur pada Pilkada Jateng 2018.

Minggu (21/5), Marwan mengunjungi Sekretariat Omah Tani, Desa Cepoko, Batang. Dalam kesempatan itu, Marwan berdialog dengan warga yang terlibat konflik agraria dengan korporasi swasta ataupun BUMN.

Handoko Wibowo sebagai pimpinan Omah Tani mengatakan, masalah petani berkaitan erat dengan persoalan politik. “Maka dibutuhkan komitmen pimpinan daerah yang benar-benar serius mau mengerti masalah petani," ujar Handoko.

Sedangkan Marwan mengatakan, konflik agraria menjadi salah satu persoalan yang sering dihadapi petani. Politikus asal Pati yang juga tercatat sebagai Dewan Pembina Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan (Gerbang Tani) itu menegaskan, harus ada solusi cepat atas persoalan konflik agraria yang melibatkan petani. “Karena telah menimbulkan banyak korban di rakyat," kata Marwan di hadapan sekitar 500 petani.

Lebih lanjut Marwan mengaku saya sangat paham bahwa masih banyak petani yang tidak punya lahan. Bahkan, banyak petani yang hanya menjadi buruh.

Pasalnya, buruh tani memang tak punya lahan. “Untuk itu mutlak dilakukan reforma agraria " ucap Marwan.

Dalam pertemuan yang dihadiri sekitar 500 orang perwakilan petani di Kabupaten Batang, Marwan juga menyoroti soal kelangkaan pupuk serta bantuan subsidi pertanian yang mulai langka bagi petani.

"Insyaallah jika kita membangun kerja sama masalah kelangkaan pupuk kita akan atasi dan akan memberikan subsidi kepada para petani kita," tegas Marwan.

Ketua Lajnah Pemenangan Pemilu (LPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jafar semakin sering menyambangi berbagai kalangan di Jawa Tengah. Mantan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News