Temui Pimpinan KPK, Pansel Minta Bantuan

Temui Pimpinan KPK, Pansel Minta Bantuan
Ilustrasi.

jpnn.com - JAKARTA - Sembilan anggota panitia seleksi (pansel) calon pimpinan KPK menyambangi gedung KPK, Selasa (9/6). Kedatangan mereka untuk berdiskusi sekaligus meminta bantuan kepada lima pimpinan KPK terkait pelaksanaan tahapan seleksi.

"Kami berdiskusi, diberi penjelasan yang diinginkan pansel bagaimana, situasi di KPK saat ini, kualifiikasi dan kriteria pimpinan periode yang akan datang," kata Plt Ketua KPK Taufiequrachman Ruki dalam jumpa pers usai pertemuan.

Menurutnya, dalam pertemuan tadi KPK telah menyampaikan 17 butir rekomendasi terkait kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang calon. KPK juga menyatakan siap membantu pansel sepenuhnya dalam menjalankan tugas.

"Termasuk menelusuri rekam jejak (calon), diharapakan pansel tidak akan salah pilih, meski nanti diserahkan semua kepada DPR," lanjut Ruki.

Sementara itu, Ketua Pansel Destry Damayanti mengatakan, kedatangan pihaknya ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan ke institusi-institusi yang berkepentingan dengan KPK. Kemarin, kunjungan serupa juga dilakukan ke Mabes Polri.

Dia pun berterimakasih kepada pimpinan KPK yang telah bersedia membantu pansel. Termasuk dalam menelusuri rekam jejak setiap calon yang mendaftar.

"Memang untuk rekam jejak akan dilihat sedetail mungkin, tidak hanya oleh KPK dan Polri, PPATK, BIN juga akan kita minta bantuan untuk meminimalisir kesalahan kami meliihat rekam jejak," pungkasnya.

Destry juga mengapresiasi rekomendasi KPK mengenai kriteria calon. Menurutnya, sebagian besar isi rekomendasi KPK itu sudah digunakan oleh pansel. (dil/jpnn)

JAKARTA - Sembilan anggota panitia seleksi (pansel) calon pimpinan KPK menyambangi gedung KPK, Selasa (9/6). Kedatangan mereka untuk berdiskusi sekaligus


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News