Tennas Efendy, Sang Putra Terbaik Riau Tutup Usia

Tennas Efendy, Sang Putra Terbaik Riau Tutup Usia
Almarhum Tennas Efendy saat dirawat di RSUD Arifin Ahmad. (Foto: Istimewa)

jpnn.com - Tennas Efendy, Sang Putra Terbaik Riau Tutup Usia

PEKANBARU - Inalilahi wainalilahi rojiun. Salah satu putra terbaik Riau, H Tennas Efendy, meninggal dunia pada pukul 00.25 WIB, Sabtu (28/2) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSU) Arifin Ahmad, Pekanbaru, dalam usia 79 tahun. Tennas mengalami komplikasi yang cukup parah.

"Benar, Pak Tennas telah meninggal pada pukul 00.25 WIB tadi. Saya sedang di perjalanan menuju rumah duka," ujar Ketua Umum Dewan Pengurus Harian Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, saat dihubungi JPNN.

Sebelumnya Ketua Umum LAM Riau ini dirawat di Rumah Sakit Putera Medical Center, Melaka, karena kanker yang dideritanya. Karena tak mengalami kemajuan, Jumat (27/2) kemarin, Tennas tiba di Pekanbaru pukul 10.15 WIB, dan langsung dirawat ke RSUD Arifin Ahmad. Tennas langsung ditangani dr Fera.

"Setelah mendapat kabar keberangkatan beliau dari Melaka, kami di sini langsung menyiapkan tim dokter anestesi yang khusus menengani ICU lengkap dengan peralatan medis, yang diketuai oleh Dokter Fera sebagai Kepala ICU RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru. Di ruangan khusus, dokter dibantu dua orang perawat yang terus-menerus mengecek perkembangannya," ujar  Dokter Ruswaldi M, Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru, Jumat (27/2).

Ruswaldi menjelaskan,  pertolongan pertama yang dilakukan tim dokter RSUD Arifin Ahmad kepada budayawan Riau itu  ketika sampai di RSUD Arifin Ahmad  dengan melakukan terapi sesuai dengan kondisinya. Terapi dilakukan untuk menstabilasi termodinamik untuk  mengendalikan tensi darah, jantung, dan paru-paru.

"Keadaan darurat dulu yang kami utamakan, yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi beliau saat ini," jelas Ruswaldi.

Namun Allah Swt berkehendak lain. Usaha keras tim dokter RSUD Arifin Ahmad tak mampu menolong karena komplikasi yang dialami budayawan yang sangat dihormati di Asia Tenggara itu sudah sangat parah. (jpnn)


Tennas Efendy, Sang Putra Terbaik Riau Tutup Usia PEKANBARU - Inalilahi wainalilahi rojiun. Salah satu putra terbaik Riau, H Tennas Efendy, meninggal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News